Jumat, 26 April 2024

Waspadai Puncak Pasang Laut Nanti Malam dan Besok

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan

Masyarakat sekitar pesisir pantai diminta waspada dua hari ini, 30 dan 31 Januari 2014 terutama pada malam hari, karena diprakirakan terjadi puncak pasang air laut yang berpotensi rob.

”Nanti malam pukul 22.00 dan Jumat besok malam pukul 23.00 diprakirakan terjadi puncak pasang air laut dengan ketinggian hingga 140 cm. Puncak pasang ini bisa bertahan hingga 6 jam. Waspadai masyarakat yang tinggal di sekitar pesisir pantai, seperti di Kenjeran, Margomulyo, Perak, juga Sidoarjo,” kata Eko Prasetyo Staf Informasi dan Data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Maritim Perak Surabaya, pada suarasurabaya.net, Kamis (30/1/2014).

Apalagi kalau puncak pasang itu dibarengi dengan hujan deras, bisa jadi menyebabkan banjir. Karena air hujan yang tertampung di sungai-sungai tidak bisa mengalir ke laut.

Puncak pasang ini juga dibarengi dengan tingginya gelombang di laut Jawa selatan Jatim antara 3-6 meter. “Ketika gelombang tinggi, dan air laut pasang, jangan mengira itu tsunami. Jadi masyarakat tidak perlu terlalu khawatir,” jelasnya.

Menurut Eko, dengan kondisi air laut pasang, dan curah hujan tinggi, antisipasinya Pemkot Surabaya bisa membuka pintu bendungan pasang surut di Kenjeran dan Bozem Morokrembangan Surabaya. “Jadi bisa menyesuaikan dengan waktu pasang, untuk antisipasi terjadinya rob dan banjir,” pungkasnya.(ipg)

Teks Foto:
– Rob yang pernah terjadi di Surabaya saat air laut pasang.
Foto: Dok. suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs