Jumat, 17 Mei 2024

10 Tuntutan Aksi Demo Buruh di Surabaya

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Ribuan buruh yang melakukan aksi damai memperingati May Day di depan kantor Gubernur Jatim Jl. Pahlawan, Surabaya membawa 10 tuntutan yang akan disampaikan kepada pemerintah Provinsi Jatim.

Sunandar Ketua KSPI Jatim mengatakan, ribuan buruh yang datang dari berbagai daerah ini membawa 10 tuntutan. Antara lain menolak upah murah, menuntut untuk dijalankannya jaminan pensiun buruh, hapus oursouching, menuntut adanya jaminan kesehatan gratis, revisi total UU PPHI no. 2/2004, menolak penghapusan hak mogok, angkat para guru dan pekerja honorer menjadi PNS, mendesak pemerntah untuk segera mengesahkan RUU PRT, Tolak kenaikan haga BBM, Gas, dan listrik, serta turunkan harga sembako.

“Untuk Pemerintah daerah, kami mendesak adanya Perda Perlindungan ketenaga kerjaan. Dan yang terpenting adalah menuntut pemberlakuan Kenaikan UMK setiap setahun sekali,” kata Sunandar saat ditemui wartawan, Jumat (1/5/2015) usai berorasi di depan kantor Gubernur Jatim.

Pantauan suarasurabaya.net, dua buah tumpeng berukuran besar telah disiapkan di atas panggung. Dua tumpeng ini rencananya akan dipotong oleh Soekarwo Gubernur Jatim sebagi bentuk perayaan May Day bersama ribuan buruh Jatim.

Ribuan buruh yang melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Gubernur Jatim, sebagian besar berasal dari Federasi Serikat Pekerja Metal (FSPMI). (wak/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
28o
Kurs