Selasa, 21 Mei 2024

200 Burung Cucak Ijo Tak Bertuan Ditemukan di Perak

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Ratusan burung jenis cucak ijo yang ada di dalam sangkar. Foto : Istimewa.

Badan Karantina Pertanian (BKP) Surabaya mengamankan 200 ekor burung Cucak Ijo tak bertuan, yang ditemukan di Kapal Motor (KM) Satria Kencana, saat sandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Rabu (11/11/2015).

Hery Afiantoro Kasi Pengawasan dan Penindakan BKP Surabaya, mengatakan, temuan itu didapatkan setelah BKP melakukan patroli operasi laut, yang bekerjasama dengan Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Saat itu petugas melihat ada sebuah truk yang baru keluar dari Kapal Motor (KM) Satria Kencana. “Waktu kami dan polisi masuk, pengemudi truk dan yang di dalam kapal sudah tidak ada. Justru kami menemukan kardus berukuran kecil,” kata Hery Afiantoro Kasi Pengawasan dan Penindakan BKP Surabaya, Rabu (11/11/2015).

Saat kardus dibuka, ternyata isinya adalah burung jenis beo. “Jumlah burung yang diamankan itu ada 200 ekor. Tapi, yang 20 sudah mati,” ujar dia.

Hery menduga, 200 burung yang diamankan itu juga tidak dilengkapi dokumen pengiriman. “Jika ada surat pengiriman, tidak mungkin ditinggalkan begitu saja,” terang dia.

Setelah mengamankan 200 ekor burung jenis beo, pihak BKP Surabaya melakukan koordinasi dengan BKSDA, agar nanti burung yang masih hidup dilepas di alamnya. (bry/rsr)

Teks Foto :
– Seorang petugas menunjukan burung cucak ijo.
Foto : Istimewa

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
30o
Kurs