Sabtu, 27 April 2024

2015, Siapkan Siswa Mampu Berkompetisi di Pasar Bebas

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Siswa SMKN 1 Surabaya dalam sebuah aktivitas. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Sejak awal, ketika siswa mulai memasuki bangku pendidikan, diarahkan untuk mampu berkompetisi dipasar bebas. Untuk itu sekolah tidak hanya membekali siswanya dengan teori serta praktek semata, tetapi terus diasah dengan melakukan aplikasi-aplikasi.

“Kami berharap siswa nantinya mampu bersaing di MEA itu sendiri. Sejak awal siswa memang sudah kami berikan pemahaman. Bahwa mereka tidak hanya belajar teori, praktek saja. Tetapi bagaimana mengaplikasikannya itu juga penting,” terang M. Bahrun kepala SMKN 1 Surabaya.

Dan oleh karena itu, tambah Bahrun, sekolah membuka peluang atau kesempatan kepada siswa untuk menggali potensi dirinya dengan mengikuti satu diantaranya berbagai kompetisi terkait dengan bidang ilmu yang mereka tekuni dibangku sekolah.

“Jika sejak awal siswa memiliki jiwa kompetitif dibidangnya, maka ketika mereka nanti lulus, dengan bekal keterampilan yang mereka miliki, mereka tidak gentar berkompetisi. Termasuk dipasar bebas MEA itu. Ini yang terus kami lakukan,” kata Bahrun.

Demikian juga menjelang pelaksanaan UN 2015 ini, siswa memang dipersiapkan untuk tidak sekedar lulus tetapi juga sudah siap dengan memiliki keterampilan dan pengetahuan lebih menghadapi MEA.

“Sepertinya, siswa kami mampu kalau hanya sekedar lulus UN. Tetapi bagaimana bisa berkompetisi dipasar bebas, itu yang terus kami lakukan,” tambah Bahrun pada suarasurabaya.net, Jumat (16/1/2015).(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs