Minggu, 16 Juni 2024

40 Ribu Naskah UN Disimpan di Dinas Pendidikan

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Sebanyak 44.346 naskah ujian nasional (UN), Kamis (9/4/2015) siang yang baru tiba di kantor Dinas Pendidikan Sidoarjo. Soal UN akan disimpan dalam gedung serba guna Dinas Pendidikan Sidoarjo, daFoto : Bruriy suarasurabaya.net

Sebanyak 44.346 naskah ujian nasional (UN) disimpan dalam gedung serba guna Dinas Pendidikan Sidoarjo, Kamis (9/4/2015). Rencananya, naskah UN itu akan didistribusikan, Sabtu (11/4/2015).

Tirto Adi Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dispendik Sidoarjo mengatakan penyimpanan naskah UN itu nantinya akan dijaga dari pihak kepolisian dua petugas, satu dinas pendidikan dan satu dari kementerian agama.

“Penyimpanan ini sifatnya hanya transit, nantinya akan disegel dan dikunci. Yang membawa kunci dari Kepolisian dan Kepala Dinas Pendidikan,” kata Tirto Adi, saat ditemui suarasurabaya.net, Kamis (9/4/2015).

Sebelum dilakukan pendistribusian di tingkat sekolah. Dinas Pendidikan akan memanggil ketua tim Sub Rayon untuk melakukan pemilahan sampul soal. Tapi tidak diperbolehkan membuka, hanya melihat kondisi sampul.

Jika, sudah dilakukan pengecekan, maka keesokan harinya baru bisa dilakukan pendistribusian ke tingkat sekolah. “Yang mengambil soal itu nantinya adalah kepala sekolah satuan pendidikan untuk ke UPTD atau masing-masing sub rayon,” ujar dia.

Tirto Adi mengungkapkan, 43.646 naskah UN yang tersimpan dalam gudang itu merupakan naskah untuk tingkat SMA, SMK, MA, paket C dan sekolah menengah Luar Biasa.

Sementara itu siswa yang mengikuti UN di Kabupaten Sidoarjo totalnya ada 25.231 siswa, baik itu SMA, MA, SMK, paket C maupun sekolah menengah luar biasa. “Untuk jenjang tingkat SMA itu ada 9.464 siswa, sedangkan MA 2.121 siswa, SLB 31, paket C 869, kemudian SMK 12.746 siswa,” jelasnya. (bry/rst)

Teks Foto : Beberapa pekerja borongan memindahkan naskah UN dari truk ke dalam gedung serba guna Dinas Pendidikan.

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 16 Juni 2024
27o
Kurs