Sabtu, 4 Mei 2024

6 Siswa Tunanetra Ikuti UN SMP 2015

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pelaksanaan UN SMPLB A YPAB Surabaya. Foto : Totok suarasurabaya.net

Pelaksanaan ujian nasional SMP digelar Senin (4/5/2015) serentak di seluruh Indonesia. Di SMP Luar Biasa (LB) A Yayasan Pendidikan Anak Buta (YPAB) Surabaya, 6 siswa mengikuti ujian nasional tersbeut.

“Mereka memang wajib mengikuti ujian tersebut. Kalau mereka sudah kelas 9 dipastikan harus mengikuti ujian nasional. Ke 6 siswa kami itu memang sudah mempersiapkan diri sebelumnya,” terang Drs. Eko Purwito Kepala SMP LB A YPAB Surabaya.

Untuk ujian hari ini, para siswa mengerjakan soal Bahasa Indonesia. Sebelum jadwal pelaksanaan ujian dimulai hari ini, siswa-siswi sudah siap menunggu dibangku masing-masing.

Sesaat sebelum jam pelaksanaan ujian nasional dimulai, siswa-siswi yang seluruhnya tunanetra mendapat penjelasan bagaimana mengerjakan soal ujian dengan menggunakan huruf Braille tersebut.

Siswa hanya diberikan kesempatan memilih jawaban yang benar dari naskah soal ujian dengan cara menyampaikan secara lisan kepada petugas pendamping.

“Tetapi sebenarnya siswa juga boleh menuliskan atau mengisikan jawabannya dengan menggunakan alat yang sudah tersedia. Karena naskah soal ujian menggunakan huruf Braille,” tambah Eko Purwito.(tok/rst)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
25o
Kurs