Selasa, 11 Juni 2024

Akademisi Butuh Jembatan Memasuki Dunia Industri

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Prof. Cheng Kang Chen dari Taiwan dalam paparannya di UKWMS. Foto: Totok suarasurabaya.net

Akademisi di lingkungan kampus, termasuk para mahasiswa agar dapat mengaplikasikan berbagai teori dibangku kuliah, maka dibutuhkan jembatan agar memberikan manfaat bagi masyarakat utamanya kalangan industri.

Dan seminar nasional riset dan teknologi terapan yang digelar Fakultas Teknik Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) Kamis (13/8/2015) ingin mewujudkan hal itu.

“Seminar nasional ini bersifat internasional karena sederet pembicara internasional hadir. Pembicara dari Taiwan dan Vietnam hadir dalam agenda tahunan Fakultas Teknik UKWMS ini,” terang Suryadi Ismadji, PhD., Dekan Fakultas Teknik Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Prof. Cheng- Kang Chen dari Taiwan mempresentasikan tentang rantai pasokan sistem logistik yang dipengaruhi faktor lingkungan, sosial dan ekonomi. Metode Matematika digunakan dalam penelitiannya untuk mendapatkan solusi permasalah manajemen dikehidupan nyata.

Prof. Shi-You Lin, Ph.D yang juga dari Taiwan, berbicara tentang sistem bahan kimia yang bereaksi di dalam tubuh makhluk hidup. Seperti penggunaan obat-obat terlarang dan reaksinya dalam tubuh manusia.

Pada presentasinya, Shi-You Lin menayangkan video ilustrasi mengenai pergerakan sel dalam tubuh manusia sebelum dan sesudah tercampur dengan bahan-bahan kimia.

Pembicara ketiga adalah The Jin Ai, Dr. Eng., yang membawakan materi penelitian tentang ekspansi distribusi manajemen dalam berbagai sudut pandang secara objektif.

Judul ini diambil untuk meneliti masalah dalam meminimalisir kelebihan biaya yang terjadi pada proses distribusi yang terjadi di kehidupan nyata.

Sedangkan dua pembicara dari Vietnam, masing-masing adalah: Mr. Nguyen Tang Kha Duy yang memaparkan makalah di bidang teknik elektro dan Mr. Tran Thi My Dung dengan makalah penelitian di bidang teknik industri.

Diharapkan seminar ini menjadi jembatan dunia akademik dan industri, yang selanjutnya dapat bersinergi dalam rangka peningkatan kemampuan bertahan hidup bangsa Indonesia dan pencapaian kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia di dalam era global yang penuh tantangan dan ketidakpastian.

“Harapan kami forum ini dapat menjadi wahana mencurahkan ide dan gagasan, mengembangkan pengetahuan dan memperluas wawasan dan daya saing bangsa Indonesia di kancah global. Kami juga berharap forum ini dapat memberikan kontribusi kajian ilmiah dunia industri,” tegas Drs. Y.G. Harto Pramono, Ph.D., Wakil Rektor 1 UKWMS pada suarasurabaya.net, Kamis (13/8/2015). (tok/rst)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 11 Juni 2024
29o
Kurs