Minggu, 19 Mei 2024

Bandara Ngurah Rai Bali Dibuka Kembali

Laporan oleh Dodi Pradipta
Bagikan
Bandara Ngurah Rai Bali. Foto: www.darussalamciamis.or.id

Bandara Ngurah Rai Bali, Kamis (6/8/2015) pada pukul 14.30 WIB dibuka kembali setelah sebelumnya sempat ditutup akibat abu vulkanik Gunung Raung.

Namun Trikora Harjo GM PT Angkasa Pura I Bandara Ngurah Rai Bali mengatakan pihaknya tetap melakukan antisipasi khusus jika abu vulkanik raung kembali membahayakan penerbangan.

“Kami sudah membuat SOP berkaitan dengan abu Gunung Raung. Sebab info dari teman-teman BMKG jenis gunung ini adalah trombolis. Yakni letusannya akan kontinyu meskipun tidak masif. Jadi meskipun tidak bisa diprediksi, kami sudah siap mengatasinya dengan SOP ini,” kata dia kepada Radio Suara Surabaya.

Kata Trikora, kejadian ini tidak membuat para penumpang melakukan protes secara berlebihan.

“Mereka bisa memahami jika kejadian ini murni karena bencana alam. Mereka bisa memakluminya,” ujar dia.

Sebelumnya, Operator terpaksa menutup operasional penerbangan mulai pukul 12.00 WITA hingga diperkirakan berlangsung pukul 18.00 WITA dengan diterbitkannya peringatan kepada seluruh personel penerbangan atau Notam dengan nomor A-1635.

Penerbitan Notam tersebut berdasarkan pertimbangan analisis cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Volcanic Ash Advisory Council (VAAC) di Darwin, Australia. (dop/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
26o
Kurs