Senin, 3 Juni 2024

Basarnas Tutup Operasi Pencarian Korban Pesawat AirAsia

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Konferensi pers Basarnas terkait penutupan operasi pencarian korban AirAsia QZ8501, Selasa (3/3/2015). Foto: Bruriy suarasurabaya.net

Badan SAR Nasional (Basarnas) resmi menutup operasi pencarian dan pertolongan korban pesawat AirAsia QZ8501, Selasa (3/3/2015).

“Terhitung mulai hari ini, Selasa, 3 Maret 2015, pukul 13.45 WIB, operasi pokok pencarian dan pertolongan korban pesawat AirAsia QZ8501 resmi kami tutup,” kata Marsekal Madya FH Bambang Soelistyo, Kepala Badan SAR Nasional, dalam jumpa pers di Polda Jatim.

Bambang mengatakan, keputusan tersebut diambil setelah melalui koordinasi bersama semua instansi terkait. Melalui koordinasi tersebut, disimpulkan bahwa harapan untuk menemukan korban lagi, telah tidak ada.

Atas desakan keluarga korban, pihak Basarnas akhirnya berjanji masih akan melakukan operasi tambahan selama tujuh hari ke depan mulai Senin (9/3/2015). Ini di luar operasi pokok yang telah ditutup.

“Kami berjanji kepada keluarga korban, akan memaksimalkan pencarian selama operasi tambahan satu minggu untuk melakukan pencarian. Ditemukan ataupun tidak, maka dalam satu minggu itu seluruh kegiatan operasi pokok dan tambahan harus diselesaikan,” kata Bambang. (bry/iss/ipg)

..
Surabaya
Senin, 3 Juni 2024
28o
Kurs