Minggu, 5 Mei 2024

Batu Ini Tersimpan Dalam Hidung Pria Vietnam Selama 80 Tahun

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Beberapa dokter Vietnam telah mengeluarkan batu kecil dari dalam lubang hidung seorang lelaki yang berusia 85 tahun dan menyatakan ia telah hidup dengan batu itu “tersimpan” di dalam hidungnya selama 80 tahun.

KThem lelaki dari suku Cham Ma yang tinggal di Provinsi Dong Nai di bagian selatan Vietnam, dirawat di rumah sakit karena hidungnya sakit dan nafasnya terganggu serta cairan keluar dari hidungnya, kata harian daring lokal Than Nien (Generasi Muda) News pada Sabtu (16/5/2015).

Pemeriksaan sinar-X belakangan mendapati kerikil berdiameter satu sentimeter dan panjang 1,5 centimeter berada di dalam saluran hidung lelaki tersebut.

Batu itu didapati berada di lapisan jaringan, kata para dokter, sebagaimana dikutip Xinhua yang dipantau Antara di Jakarta, Minggu (17/5/2015)siang.

Mereka menjelaskan bahwa tubuh pria tersebut mungkin telah berusaha membungkusnya sebagai mekanisme pertahanan.

Para dokter harus mengangkat lapisan itu dan memotong batu tersebut sebelum mengeluarkannya sepotong demi sepotong.

KThem mulai pulih dari operasi selama 45 menit pada Jumat (15/5/2015), kata para dokter, yang menambahkan ia dapat diperkenankan pulang dalam beberapa hari ke depan.

Lelaki yang berusia di atas setengah baya tersebut mengingat-ingat bahwa ketika ia berusia lima atau enam tahun, ia telah memasukkan kerikil itu ke dalam hidungnya sewaktu bermain dengan teman-temannya dan telah lupa untuk mengeluarkannya. (ant/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
29o
Kurs