Sabtu, 20 April 2024

Benteng Marlborough Jadi Kafe dan Perpustakaan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Benteng Marlborough. Foto: Wikipedia

Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jambi akan meningkatkan pemanfaatan kawasan Benteng Marlborough, dengan mengubah salah satu ruangan dalam bangunan bersejarah itu menjadi kafe dan perpustakaan.

Winston Mambo Kepala BPCB Jambi di Bengkulu, Senin (9/11/2015) mengatakan program revitalisasi benteng salah satunya penataan ruang guna meningkatkan pemanfaatan cagar budaya itu seperti sejumlah benteng di Tanah Air seperti Benteng Rotterdam di Sulawesi Selatan dan Benteng Vredeburg di Yogyakarta.

“Selain kafe dan perpustakaan akan dibuat juga ruangan audiovisual tentang sejarah sejarah Bengkulu dan sejarah Benteng Marlborough,” katanya seperti dilansir Antara

Selama ini kata Winston, pemanfaatan benteng baru sebatas daerah tujuan wisata sejarah yang mengandalkan bangunan fisik benteng itu sendiri.

Menurut dia, untuk wilayah pengelolaan BPCB Jambi yang membawahi Provinsi Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung dan Bengkulu, Benteng Marlborough menjadi satu-satunya benteng yang akan direvitalisasi untuk peningkatakan pemanfaatannya.

Kegiatan lainnya dalam revitalisasi adalah memperbaiki kerusakan beberapa bagian bangunan benteng antara lain atap yang bocor dan mengganti sejumlah kusen dan kayu bangunan bagian belakang yang sudah lapuk.

Benteng Marlborough atau “Fort Marlborough” adalah benteng peninggalan Inggris di Kota Bengkulu. Benteng ini didirikan oleh “East India Company” (EIC) pada 1713 hingga 1719 di bawah pimpinan Joseph Callet Gubernur.

Benteng ini masih berfungsi sebagai benteng pertahanan hingga masa Hindia-Belanda pada 1825 hingga 1942, lalu jatuh ke tangan Jepang pada 1942-1945, dan pada perang kemerdekaan Indonesia. Sejak Jepang kalah hingga tahun 1948, benteng itu menjadi markas Polri.

Kemudian pada 1949-1950, Benteng Marlborough kembali diduduki oleh Belanda. Kemudian sejak 1950 setelah Belanda pergi, Benteng Marlborough menjadi markas TNI-AD. Lalu, pada 1977, benteng ini diserahkan kepada Departemen Pendidikan dan Kebudayaan untuk dipugar dan dijadikan bangunan cagar budaya.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs