Kamis, 2 Mei 2024

Berbagai Temuan Siswa SMK Dipamerkan Di JX Hingga Minggu

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Nadia Fi Sabilillah siswi SMKN 2 Kediri memasarkan produk Kopi Wedoro (kopi berbahan lamtoro) hasil karya bersama tiga temannya. Produk ini sudah terjual 500 sacet setiap harinnya. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Dinas Pendidikan Jawa Timur menggelar Pameran Karya Cipta Siswa SMK di JX International mulai hari ini hingga Minggu (20/9/2015).

Saiful Rachman Kepala Dinas pendidikan Jawa Timur mengatakan, pameran ini merupakan bentuk ekspresi siswa sekolah kejuruan untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa SMK punya potensi luar biasa.

“SMK sebagai sekolah kejuruan, siap membentuk generasi yang siap kerja secara profesional,” katanya, Kamis (17/9/2015).

Melalui kerjasama dengan perusahaan, kata Saiful, lulusan SMK dibentuk menjadi SDM yang siap kerja sesuai keinginan pengusaha.

Keterlibatan perusahan ini, mulai dari proses di sekolah, seperti penyesuaian kurikulum untuk anak didik. “Program ini bisa mematahkan anggapan bahwa lulusan SMK tidak siap kerja,” katanya.

Melalui desain kurikulum, kata Saiful, pengusaha bisa sharing dengan sekolah untuk menyiapkan tenaga kerja yang seperti apa yang dibutuhkan pengusaha. Sehingga, lulusan SMK langsung bisa kerja sesuai keahliannya.

Mengantisipasi peningkatan migrasi tenaga kerja Internasional dan mempertahankan peluang tenaga Indonesia di pasar kerja nasional, pihaknya terus memacu kerjasama dengan perusahaan asing.

“Kita harus meningkatkan kualitas daya saing tamatan SMK di pasar kerja tingkat regional maupun Internasional,” katanya.

Pameran karya cipta siswa ini diikuti sekolah di seluruh Jatim. Beragam pameran produk mulai busana, IT, alat rumah tangga, hingga perbengkelan, digelar hingga Minggu (20/9/2015).(din/fik)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
33o
Kurs