Selasa, 23 April 2024

Bipolar Disorder Rentan Serang Remaja

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan

Penyakit bipolar disorder (gangguan bipolar) yang merupakan salah satu masalah kejiwaan, rentan menyerang usia remaja karena pengaruh perilaku dan pikiran yang sering labil, kata seorang pakar.

dr I.G.N Sastradhi, Dokter Spesialis Kejiawan RSUD Wangaya, di Denpasar, Jumat, menjelaskan usia muda cenderung mengalami gangguan kejiwaan karena lebih banyak mengalami perubahan perasaan atau mood.

“Ciri-ciri mencolok penyakit ini terlihat dari seseorang yang perasaannya berubah-ubah,” ujarnya seperti dilansir Antara.

Ia mencontohkan penderita bipolar disorder dapat menonjolkan perilaku baik, namun kadang juga merasakan hidupnya tidak berguna, kehilangan semangat dan dapat melakukan tindakan yang menyakiti diri sendiri seperti bunuh diri atau merugikan orang lain.

Selain itu, kadang penderita penyakit itu merasakan dirinya paling hebat dibandingkan dengan orang lain seperti gampang membuka bisnis, namun perjalanannya tidak seperti yang diinginkan sehingga kehilangan banyak uang atau modal.

“Dapat juga penderita gampang jatuh cinta, mengkonsumsi alhokol, dan mengambil keputusan yang belum jelas maksudnya,” katanya.

Penyakit ini dapat menyerang seseorang dengan dipengaruhi berbagai faktor yang salah satunya saat tumbuh kembang anak mulai dari dalam kandungan hingga usia remaja.

“Faktor genetik (keturunan) dan lingkungan juga dapat mempengaruhi timbulnya penyakit itu,” ujarnya.

Untuk mengobatinya, kata dia, tergantung dari tingkat keganasan penyakitnya. “Untuk obat yang diberikan kepada penderita sesuai dengan gejala-gejala yang ditimbulkan,” ujarnya.

Selain disembuhkan dengan obat-obatan, penderita penyakit itu dapat disembuhkan dengan dukungan dari keluarga.

“Penderita yang dinyatakan sudah sembuh dapat kambuh kembali apabila lingkungan tempat tinggal ataupun lingkungan sekitarnya tidak kondusif,” kata dia.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
29o
Kurs