Senin, 26 Februari 2024

Bonus Demografi Membuat Indonesia Kuat di Segala Hal

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Henry Subiakto Staf ahli Kementerian Komunikasi dan Informatika mengatakan bonus demografi yang akan diperoleh Indonesia pada 2020 akan membuat negeri ini kuat pada semua sektor.

“Kalau SDM dari penduduk usia produktif, 15 tahun sampai 45 tahun, dari bonus demografi itu berkualitas, maka negara kita akan menjadi negara kuat baik di bidang ekonomi maupun sektor-sektor lainnya,” katanya di Kendari, Jumat (6/11/2015) untuk menghadiri sebuah acara seperti dilansir Antara.

Menurut dia, jika SDM usia produktif sebagai bonus demografi tidak dipersiapkan dengan matang, maka bonus demografi yang akan diperoleh pada 2020, hanya menjadi masalah bagi bangsa ini.

“Di awal tahun 2016, kita sudah memasuki era Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) di tenaga kerja asing maupun perusahaan-perusahaan di kawasan Asia bebas mencari kerja atau membuka usaha di Indonesia,” kata Henry.

Jika penduduk pencari kerja Indonesia tidak mampu berkompetisi memperbutkan lapangan kerja dengan pencari kerja asing, maka penduduk usia produktif hanya akan menjadi penonton di rumah sendiri.

Oleh karena itu, agar usia penduduk produktif ini bisa muncul sebagai kekuatan ekonomi, maka harus dipersiapkan dengan baik.

“Memberikan bimbingan tekhnik dan sertifikasi berstandar kompetensi kerja nasional kepada para lulusan SMK, D1, D2 dan D3 ini, sebagai upaya Kemenkominfo mempersiapkan generasi usia produktif menghadapi MEA sehingga bonus demografi yang didapat benar-benar bisa membawa manfaat besar bagi bangsa ini,” kata Henry. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Senin, 26 Februari 2024
26o
Kurs