Rabu, 29 Mei 2024

Buruh Bubar Setelah Unjuk Rasa Tiga Jam di Grahadi

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Buruh mendengarkan penjelasan dari Disnaker. Foto : Taufik suarasurabaya.net

Ribuan buruh dari Serikat Pekerja Nasional (SPN) yang berunjuk rasa di depan Gedung Negara Grahadi akhirnya membubarkan diri setelah berunjuk rasa sekitar tiga jam. Mereka bubar sesaat setelah ditemui oleh perwakilan pemerintah Jawa Timur.

“Sebanyak 17 tuntutan kita sudah dipenuhi, mari kita membubarkan diri dan besok kita akan kembali ke sini untuk ikut kembali berunjuk rasa menyambut MayDay,” kata Dendy Prayitno, koordinator aksi, Kamis (30/4/2015).

Sebanyak 17 tuntutan buruh diantaranya adalah mendesak pembubaran Pengadilan Hubungan Industrial (PHI), kemudian menolak kenaikan UMK lima tahunan, serta mendesak penghapusan sistem kerja outsourching.

Pantauan suarasurabaya.net, pemerintah Jawa Timur yang diwakili Edy Purwinarto, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi berjanji akan membawa 17 tuntutan ini untuk disampaikan ke pemerintah pusat.

“Beberapa yang merupakan masalah nasional akan kita kirimkan ke presiden, sedangkan yang permasalahan lokal Jawa Timur akan kita selesaikan di sini,” kata Edy.

Sementara itu, usai adanya kesepakatan ini, ribuan buruh pun akhirnya bersepakat untuk membubarkan diri dan meninggalkan Gedung Negara Grahadi. (fik/dop)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Rabu, 29 Mei 2024
27o
Kurs