Jumat, 3 Mei 2024

Buruh Mulai Tiba di Grahadi, Jl Gubernur Suryo Masih Dibuka

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Unjuk rasa ribuan buruh di Grahadi mendesak pencabutan PP 78 tahun 2015, Selasa (24/11/2015). Foto : Taufik suarasurabaya.net

Ribuan buruh dari berbagai konfederasi dan serikat pekerja mulai berdatangan ke Gedung Negara Grahadi Surabaya. Massa yang tiba awal adalah dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dan dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI).

Massa yang kali ini berunjuk rasa merupakan gabungan dari buruh di ring satu Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Pasuruan, dan Gresik.

Membawa aneka spanduk dan poster, buruh membawa tiga isu yaitu mendesak pencabutan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 tahun 2015 tentang pengupahan.

Selain itu, buruh juga mendesak Soekarwo Gubernur Jawa Timur merevisi penetapan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 2016.

“Kami juga mendesak gubernur segera menerbitkan peraturan daerah tentang perlindungan pekerja,” kata Heri Mardiyanto, koordinator aksi FSPMI Surabaya.

Pantauan suarasurabaya.net, unjuk rasa kali ini tak sebesar unjuk rasa yang digelar sebelum penetapan UMK pada hari Kamis dan Jumat kemarin.

Unjuk rasa kali ini juga hanya dipusatkan di sisi utara Jl Gubernur Suryo sehingga arus lalu lintas masih bisa berjalan dengan menggunakan dua lajur sisi selatan jalan. (fik/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
32o
Kurs