Rabu, 24 April 2024

Cara Ini Bisa Dilakukan Warga Untuk Turunkan Suhu Panas akibat El Nino

Laporan oleh Dodi Pradipta
Bagikan

Prof. DR. Kuswanto Ahli Pertanian Bidang Agronomi Universitas Brawijaya Malang minta gerakan menanam satu pohon untuk setiap keluarga bisa dihidupkan lagi. Dengan gerakan ini, maka fenomena El Nino yang berujung pada peningkatakan suhu ekstrim bisa diatasi.

“Satu pohon berukuran 8 meter dengan lebar 15 meter itu bisa mencukupi kebutuhan oksigen satu keluarga dalam 24 jam. Otomatis pohon tersebut secara tidak langsung juga sanggup menurunkan suhu udara yang panas. Seperti pohon belimbing, itu kan bagus karena daunnya banyak. Belimbing sayur dan rambutan juga bagus. ,” kata dia kepada suarasurabaya.net, Sabtu (22/8/2015).

Namun dirinya juga memberi masukan bagi masyarakat kota yang tidak mempunyai lahan cukup untuk menanam pohon.

“Alternatifnya ya kalau tidak ada lahan, masyarakat kota saya sarankan mau menanam sayur-sayuran seperti bayam, tomat, kangkung, dan empon-empon. Itu kan tidak terlalu memakan tempat. Tanaman-tanaman tersebut, selain bisa meminimalisir hawa panas, kan juga bermanfaat sebagai konsumsi sehari-hari yang baik untuk tubuh,” ujarnya.

Sekadar diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprediksi fenomena El Nino akan menjadikan suhu di Surabaya, Probolinggo, dan Tuban akan mencapai 36 derajat celcius. (dop)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs