Minggu, 28 November 2021

Demi burung, New York Akan Padamkan Lampu Kota

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Negara Bagian New York segera mematikan semua lampu yang tidak terlalu penting di semua gedung pemerintahan untuk membantu kawanan burung menentukan arah migrasi selama musim semi hingga musim gugur.

Andrew Cuomo Gubernur New York mengatakan lampu luar ruangan di gedung-gedung pemerintahan akan dimatikan antara 23.00 dan menjelang matahari terbit. Hal itu dilakukan selama puncak musim migrasi burung.

Aksi itu sebelumnya telah dilakukan oleh gedung-gedung tersohor, seperti Rockefeller Centre, Chrysler Building dan Time Warner Centre.

“Ini adalah langkah sederhana untuk membantu melindungi burung-burung yang bersarang di hutan, danau, dan sungai New York untuk bermigrasi,” kata Cuomo seperti dilansir BBC.

Cuomo juga mengumumkan peluncuran laman daring I Love NY Birding yang akan menyediakan informasi kepada khalayak ramai yang hendak memantau pergerakan burung dan berpartisipasi dalam aksi pemadaman lampu. Ke depan, sejumlah kota, seperti Baltimore, Chicago dan San Francisco akan turut berpartisipasi.

Burung-burung yang bermigrasi diyakini menggunakan cahaya bintang untuk menentukan arah. Namun, mereka dapat mengalami disorientasi karena lampu-lampu terang perkotaan.

Fenomena yang disebut fatal light attraction itu diperkirakan menewaskan sedikitnya satu miliar burung setiap tahun di AS.

Daniel Klem, profesor yang khusus meneliti burung dan konservasi di Muhlenberg College, mengatakan fenomena tersebut mengkhawatirkan karena spesies yang mampu bertahan hidup justru akan turut rontok bersama spesies yang lemah.

“Anggota populasi yang sangat penting akan mati. Karena itu, penting untuk menjaga mereka,” kata Klem. (bbc/dwi)

Teks Foto :
– Burung-burung yang bermigrasi diyakini menggunakan cahaya bintang untuk menentukan arah.
Foto : BBC

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Minggu, 28 November 2021
28o
Kurs