Minggu, 19 Mei 2024

Dewan Pakar Aswaja Siap Maju Ketua Umum PBNU

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
KH Idrus Ramli (tengah) bersama beberapa santrinya. Foto : Taufik suarasurabaya.net

KH Idrus Ramli, Ketua Dewan Pakar Aswaja Center NU deklarasikan diri sebagai calon Ketua Umum PBNU. Deklarasi sendiri dia sampaikan di arena Muktamar yang digelar di Jombang, Senin (3/8/2015).

“Saya sengaja maju karena dorongan sejumlah kiai utamanya kiai dari kawasan Sumatera, Yogyakarta, Jawa Timur, serta Kalimantan dan beberapa kawasan di Indonesia Timur,” ujarnya.

Dorongan dari sejumlah kiai ini telah dia terima sejak bulan Mei 2015. Sedangkan dirinya sendiri baru menyatakan bersedia menjadi calon Ketua Umum pada bulan Juni 2015.

“Saya khusus didorong sejumlah kiai untuk membenahi struktural NU yang saat ini diisi beberapa onum pengurus yang berusaha membelokkan faham ahlussunah wal jamaah,” kata dia.

Sementara itu, hingga saat ini selain KH Idrus Ramli, juga ada beberapa nama yang akan maju sebagai calon ketua umum PBNU.

Mereka adalah KH Sholahddin Wahid (Gus Sholah), pengasuh pesantren Tebuireng Jombang, kemudian juga ada nama Asad Said Ali, mantan Wakil Kepala BIN yang saat ini menjabat sebagai wakil ketua PBNU, serta ada juga nama KH Said Aqil Siradj yang merupakan ketua umum incumbent.

Sedangkan untuk bursa calon rois aam, hingga saat ini baru muncul dua nama yaitu KH Hasyim Muzadi, mantan Ketua Umum PBNU, serta KH Musthofa Bisri (Gus Mus) yang merupakan rois aam incumbent. (fik/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
31o
Kurs