Rabu, 15 Mei 2024

Diduga Lakukan Arisan Bodong Puluhan Miliar, PT KDS Dilaporkan Polisi

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Entras Wahju Djatmiko menunjukkan laporan polisi. Foto : Bruriy suarasurabaya.net.

Sekitar 15 warga dari berbagai daerah Jawa Timur, Senin (26/10/2015) sore mendatangi kantor Sentral Pelayananan Kantor Terpadu (SPKT) Polda Jatim. Mereka melaporkan kasus penipuan arisan mobil online bodong diduga dilakukan PT Khubah Dunia Sukses beralamatkan di Perumahan Permata Jingga, Kota Malang.

Entras Wahju Djatmiko yang mewakili korban mengatakan, penipuan dilakukan PT Khubah Dunia Sukses 9KDS) yang menjadi korban itu cukup banyak.

“Yang datang sekarang ini ada delapan orang, merupakan perwakilan. Tapi, dari data yang saya miliki korbannya itu ada 1.569 orang, dari berbagai daerah kota/ kabupaten di Indonesia. Kerugiannya diperkirakan mencapai Rp 26 miliar,” kata Entras Wahju Djatmiko yang juga sebagai kuasa hukum, Senin (26/10/2015).

Dia menjelaskan, modus dilakukan perusahaan itu dengan menggelar arisan mobil online, melalui situs jejaring sosial Facebook dan komunitas bisnis online.

Nantinya akan mendapatkan mobil, motor dengan cara mudah, murah, dan cepat. Jika, tertarik korban diminta untuk mengisi formulir pendaftaran yang bisa diunduh di website PT KDS.

“Untuk meyakinkan member, terlapor membuat surat perjanjian kerjasama arisan kendaraan bermotor. Dan, Perjanjiannya ada materainya, sehingga membuat para korban percaya,” ujar dia.

Secara terpisah Wahyu salah satu korban mengaku, untuk arisan mobil, peserta diharuskan membayar uang muka Rp 10 juta. Tiap bulannya, arisan itu membayar Rp 5 juta selama setahun.

Untuk nomornya, kata Wahyu, akan diundi setiap bulan sekali. Jika mendapat nomor, maka bisa membawa pulang mobil sesuai pilihan.

“Pengelola arisan online itu menawarkan tiga jenis mobil. Yaitu, Ford Fiesta, Toyota Yaris, dan Honda Jazz. Tapi, sampai sekarang saya mengikuti selama satu tahun tidak ada kejelasan dan kepastian,” kata Wahyu. (bry/ipg)

Teks Foto:
– Surat laporan kepolisian.
Foto: Bruriy suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 15 Mei 2024
28o
Kurs