Sabtu, 18 Mei 2024

Dilepas di Dermaga Ujung, Satgasmar Ambalat XX Jaga NKRI

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Satgasmar Ambalat XX dilepas didermaga Koarmatim Ujung, Surabaya. Foto: Dispen Kormar

Komandan Brigade Infanteri- Marinir Kolonel Marinir Sugianto, S.Sos melepas keberangkatan Satuan Tugas Marinir (Satgasmar) Ambalat XX di Dermaga Koarmatim Ujung, Surabaya.

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Brigif-1 Mar menyampaikan kepada seluruh prajurit yang tergabung dalam Satgasmar Ambalat XX bahwa tugas yang akan dilaksanakan merupakan amanah dari seluruh rakyat Indonesia, yaitu untuk menjaga keutuhan wilayah dan kedaulatan NKRI.

Orang nomor satu di Brigif-1 Marinir itu mengharapkan kepada seluruh prajurit agar selalu melandasi dan membentengi diri dengan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkomunikasi dan menjalin hubungan dengan warga masyarakat sekitar beserta aparat terkait (Instansi TNI dan Instansi Pemerintah), meningkatkan kepekaan dan tanggap terhadap aspirasi yang berkembang di wilayah masing-masing, kemudian menjaga keamanan personel maupun material, dan yang tidak kalah pentingnya yaitu tidak melakukan tindakan serta perbuatan yang dapat merugikan masyarakat dan selalu menjaga nama baik Korps Marinir.

Sementara itu, Komandan Satgasmar Ambalat XX Kapten Marinir Deny Aprianto mengatakan, sebelum berangkat ke daerah penugasan, Satgasmar Ambalat XX telah menerima pembekalan-pembekalan tentang kondisi geografi dan demografi, pengetahuan keimigrasian, pengetahuan hukum HAM dan Humaniter, pengetahuan hukum laut internasional, situasi keamanan saat ini di daerah perbatasan dan pengetahuan agama, adat istiadat serta bahasa yang dipakai masyarakat pulau Sebatik, selain itu juga telah melaksanakan latihan Pratugas di Pusat Latihan Tempur Korps Marinir Purboyo, Malang.

Personel Satgasmar Ambalat XX sebanyak 130 orang, lanjutnya, akan menggantikan Satgasmar Ambalat XIX yang saat ini masih berada di daerah penugasan. Sesampainya di daerah penugasan akan menempati beberapa pos diantaranya Pos Sei Pancang, Sei Taiwan, Balansiku, Sei Bajo, Tembaring dan Bambangan.

Pelepasan keberangkatan Satgasmar Ambalat XX dengan menggunakan KRI Teluk Bintuni-520 tersebut dihadiri Pasops Brigif-1 Mar Letkol Mar Edi Prayitno, Danyonif-3 Mar Letkol Mar Bakti Dasasasi Penanggungan, S.E., Para Perwira Armatim dan beberapa prajurit Brigif-1 Marinir serta keluarga prajurit yang tergabung dalam Satgasmar Ambalat XX.(tok)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
30o
Kurs