Kamis, 9 Mei 2024

Festival Sinema Prancis 2015 Kembali Digelar di Surabaya

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ilustrasi

Institut Francais Indonesia (IFI) bekerja sama dengan Cinema XXI, menggelar Festival Sinema Prancis 2015.

Festival berlangsung 3-6 Desember 2015 di Jakarta dan 4-6 Desember di 9 kota seperti Surabaya, Bali, Balikpapan, Bandung, Jogjakarta, Jombang, Makassar, Malang dan Medan.

Marc Piton Konselor Kerjasama dan Kebudayaan Kedubes Prancis di Indonesia sekaligus Direktur IFI mengatakan, bahwa 20 tahun Festival Sinema Prancis menjadi momen untuk melihat ke belakang banyaknya perubahan yang sangat menggembirakan.

“Konteks hari ini dengan 20 tahun lalu saat festival pertama kali diadakan, sangat berbeda. Dulu, tak hanya film Prancis yang sangat terbatas aksesnya tetapi juga film-film Indonesia. Kini, lahir generasi baru di industri film Indonesia. Kita menyaksikan lahirnya sineas-sineas muda berbakat,” terang Marc Piton.

Marc Piton yang sempat menjabat sebagai Atase Audiovisual Kedubes Prancis di Jakarta pada tahun 1999-2003 dan tokoh yang menginisiasi Festival Sinema Prancis di Indonesia ini menambahkan, bahwa 2015 adalah awal yang baru dari 20 tahun yang akan datang.

Perayaan 20 tahun kali ini, turut dimeriahkan dengan dipilihnya Garin Nugroho dan tara Basro sebagai Ambassador Festival Sinema Prancis 2015.

Festival Sinema Prancis 2015 hadir serentak dalam 3 program; Panorama, Fokus dan Kompetisi Film Pendek. Program Panorama berlangsung di 7 kota diantaranya, Jakarta, Bali, Balikpapan, Bandung, Jogjakarta, Medan dan Surabaya.

Festival tahun ini menyajikan berbagai film Prancis terbaru dari berbagai genre (drama, komedi, action, thriller sampai animasi) dan berkualitas internasional.

Edisi ke-20 Festival Sinema Prancis di Surabaya akan dibuka oleh film drama komedi keluarga The Belier Family (La Famille Belier) yang memenangkan Cesar Award 2015 untuk kategori Pemeran Wanita Pendatang Baru Terbaik.

Festival di Surabaya ditutup oleh film Dheepan yang meraih penghargaan Palem Emas, penghargaan tertinggi di Festival Film Cannes.

Di Surabaya, Festival Sinema Prancis didukung oleh Sheraton Surabaya Hotel & Towers, Surabaya Town Square XXI, Independen Film Surabaya. Pemutaran film Fokus di Surabaya didukung oleh Universitas Airlangga dan Universitas Narotama.(tok/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
27o
Kurs