Minggu, 19 Mei 2024

Film Karya Lucky Kuswandi Lolos ke Cannes 2015

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Salah satu adegan The Fox Exploits The Tigers Might. Foto: facebook Lucky Kuswandi

Film pendek karya Lucky Kuswandi sutradara Indonesia, The Fox Exploits The Tigers Might, menjadi nominator di kompetisi La Semaine de La Critique atau Critics Week di Cannes 2015 yang akan berlangsung 14 hingga 22 Mei mendatang.

Ini adalah film kedua setelah film Tjoet Nja Dhien garapan Eros Djarot dinominasikan di kompetisi yang sama tahun 1989 silam.

Fabien Gaffez, Komite Film Pendek La Semaine de La Critique, menilai film karya Lucky Kuswandi dengan ungkapan “bermain-main antara permainan yang menikmatkan, dengan kenikmatan yang jalang.”

Tanpa menyembunyikan kegirangannya, Lucky mengatakan, dalam film terbarunya tersebut dirinya dapat membicarakan tema kekuasaan dan seksualitas secara terbuka, jujur dan dewasa.

“Keleluasaan tanpa penyensoran diri, maupun penyensoran dari berbagai lembaga dalam eksplorasi karya seni, ternyata membuahkan prestasi yang bisa dibanggakan di dunia internasional,” kata Lucky seperti dilansir BBC.

Film berdurasi 25 menit ini mengangkat tema seksualitas dan kekuasaan, eksploitasi militer yang superior terhadap kaum minoritas yang inferior secara politik, disertai dengan eksplorasi seksual para tokohnya.

Film yang dibintangi aktor Surya Saputra ini merupakan hasil kerja sama Babi Buta Film, Hivos Asia Hub dan Yayasan Cipta Citra Indonesia. (bbc/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
29o
Kurs