Senin, 29 April 2024

Gunung Lokon-Karangetang di Sulut Masih Berstatus Siaga

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Gunung Lokon di Kota Tomohon dan Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) masih berstatus siaga level III.

“Sebelumnya ada tiga gunung yang masih berstatus siaga, namun belum lama ini Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara statusnya telah diturunkan menjadi waspada level dua,” kata Christian Laotongan Kepala Pusat Pengendalian Operasi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Manado seperti dilansir Antara.

Laotongan mengatakan, Gunung Lokon pada akhir Agustus bererupsi dan melontarkan material debu vulkanik setinggi 1.500 meter yang jatuh ke wilayah Tinoor Kota Tomohon, serta beberapa tempat di Kota Manado dan Kabupaten Minahasa dan Minahasa Utara.

Dan pasca erupsi, lanjut dia, masih terekam gempa-gempa vulkanik dalam dan dangkal bahkan gempa embusan.

Selanjutnya, Gunung Karangetang kata dia, aktivitas vulkaniknya masih fluktuatif yang disertai dengan luncuran lava pijar dari puncak kawah dan mengalir ke sejumlah kali.

“Sangat diharapkan warga tetap mematuhi radius bahaya yang telah direkomendasikan pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi untuk menghindari jatuhnya korban ketika terjadi erupsi,” katanya. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs