Kamis, 16 Mei 2024

Hari Kedua Pencarian, Pesawat Aviastar Masih Belum Ditemukan

Laporan oleh Dodi Pradipta
Bagikan
Ilustrasi. Pesawat Aviastar. Foto: traveldewata

Pencarian pesawat Twin Otter Aviastar yang dilaporkan hilang kontak di kawasan Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Jumat (2/10/2015), belum membuahkan hasil pada hari ke dua ini.

“Hari ini saya bersama Deputi potensi langsung untuk meyakinkan kondisi medan pencarian dan kondisi cuaca. Ada tiga area upaya pencarian, semua saya cek langsung, sempat mendarat di perkampungan terpencil sampai saat ini belum membuahkan hasil seperti yang kita harapkan,” ujar Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) di Lanud Hasanuddin Maros, Minggu (4/10/2015).

Dia mengatakan, seperti dilansir Antara, pencarian di hari ke dua pesawat Aviastar itu dengan mengerahkan semua peralatan yang ada serta pelibatan seluruh personel SAR dan masyarakat juga belum ada hasil.

Penyisiran di wilayah perairan, pegunungan, daratan dan udara juga sudah diupayakan. Bahkan pada hari ke dua pencarian dengan memperluas wilayah, tetap saja belum mendapatkan tanda-tandanya.

“Kita menyisir melalui udara, laut dan daratan dan semua laporan yang masuk itu masih nihil. Kita akan mencoba melakukan pencarian lagi di hari ke tiga besok,” katanya.

Menurutnya, kegagalan dalam menemukan pesawat karena adanya beberapa hambatan. Diantaranya, lokasi pencarian berada di daerah perbukitan serta memiliki jurang yang terjal. Bukan cuma itu, kondisi kabut juga menghalangi pandangan.

Sebelumnya pesawat twin otter milik Aviastar dengan nomor penerbangan MV 7503 hilang kontak sekitar pukul 14.36 WITA dalam perjalanan menuju Makassar, 11 menit setelah lepas landas dari Bandara Andi Jemma, Masamba, Jumat (2/10/2015).

Diketahui, pesawat jenis PKBRM/DHC6 milik Aviastar dengan nomor penerbangan MV 7503 dinakhodai Capt Iri Afriadi dengan Co Pilot Yudhistira serta teknisi Sukris.

Pesawat tersebut semestinya tiba di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar 15.39 WITA dari bandara Andi Jemma Masamba, Sulbar dengan lama penerbangan 70 menit. Terdapat tujuh penumpang yang terdiri atas empat dewasa, satu anak, dan dua bayi dalam pesawat tersebut.

Adapun jumlah penumpang sebanyak tujuh orang yang terdiri atas lima orang dewasa dan dua orang bayi, antara lain : Nurul Fatin M, Lisa Falentin, Riza Arman, Sakhi Arqam, M. Natsir, Afif (bayi 1 tahun), Raya Adawiah (balita 3 tahun).(ant/dop/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
31o
Kurs