Kamis, 2 Mei 2024

Ibu Hamil Butuh Banyak Olah Fisik dan Pemenuhan Nutrisi

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan
Dari kiri: dr. Pujo Hartono SpOG Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Surabaya, dr. Muliaman Mansyur, Head of Medical Sales Fonterra Brand Indonesia, dan Afriani Karina Marketing Manager Anmun saat konferensi pers senam Anmum Yophytta. Foto: Wakhid sua

Selama masa kehamilan, mayoritas ibu mengalami perubahan fisik dan emosi, dimana tanda dan gejalanya berbeda pada setiap ibu hamil. Begitu juga tingkatan dan frekuensinya dari trimester ke trimester.

Perubahan ini dialami oleh seluruh bagian tubuh, mulai dari sistem pencernaan, pernafasan, jantung, pembuluh darah dan sistem reproduksi. Selain itu, emosi ibu hamil cenderung labil dan reaksi yang ditunjukkan terhadap kehamilan dapat saja berlebihan dan mudah berubah-ubah.

Hal ini disampaikan dr. Pujo Hartono SpOG Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Surabaya, sekaligus Ketua Perkumpulan Obsteri dan Gineklogi Indonesia, saat konferensi pers senam Anmum Yophytta di Sheraton Hotel Surabaya, Minggu (15/2/2015).

Dokter Pujo juga menjelaskan, perubahan-perubahan yang terjadi tersebut seringkali dipicu oleh kecemasan baik itu kecemasan mengenai kesehatan diri sendiri maupun kesehatan janin.

“Oleh karena itu, butuh latihan olah fisik dan pemenuhan nutrisi yang tepat dan lengkap agar ibu hamil dapat menjalani kehamilannya dengan tenang tetapi tetap penuh semangat,” kata dr. Pujo Hartono SpOG kepada wartawan.

Dia menambahkan, latihan olah fisik seperti senam untuk ibu hamil, membantu untuk memberikan ketenangan (relaksasi) saat ibu menjalani proses kehamilan. Oleh karena itu, pihaknya menyambut baik dan mendukung inisiatif Anmum Materna dengan senam Anmum Yophytta bagi ibu hamil.

“Senam ini terbukti mempu mempertahankan kemampuan ibu hamil untuk berfikir positif, tenang, menjaga emosi lebih stabil, mengurangi morning sickness serta gejala kehamilan lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, dr. Muliaman Mansyur Head of Medical Sales Fonterra Brand Indonesia mengatakan, cara untuk latihan olah fisik bagi ibu hamil yaitu dengan rutin melakukan senam untuk ibu hamil. Senam Anmum Yophytta bisa menjadi pilihan bagi ibu hamil, karena dalam gerakan senam menggabungkan Yoga, Pilates, Hypnoteraphy dan Tai Chi.

“Biasanya ibu hamil melakukan yoga saja, tapi senam Anmum Yophytta ini mengabungkan gerakan Yoga, Pilates, Hypnoteraphy dan Tai Chi,” kata dia. (wak/dwi)

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
27o
Kurs