Senin, 29 April 2024

Jago Solo Belum Tentu Jago di Grup Vokal

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Rieka Rooslan (dua dari kiri) dan Ronny Waluya (kanan). Foto: Totok suarasurabaya.net

Penyanyi yang jago menyanyi sendirian atau solo ternyata belum tentu jago saat bergabung dalam kelompok atau grup vokal.

Bagi kebanyakan orang, vokalis bersuara indah selalu bisa tampil menyanyi dengan suara yang bagus di setiap kesempatan, solo maupun grup.

“Tetapi faktanya tidak demikian. Mereka yang jago nyanyi solo belum tentu tetap hebat saat jadi bagian vocal group. Sulit memang. Butuh latihan,” terang Rieka Rooslan vokalis.

Kemampuan memecah suara dalam konteks menyanyi dalam grup vokal, ditegaskan Rieka butuh latihan sekaligus keterampilan. Bahkan juga dibutuhkan pengalaman.

“Mereka dituntut untuk pecah vokal atau membagikan suara dengan yang lain, tetapi tetap menghasilkan suara yang indah. Dan ternyata tidak gampang,” tambah Rieka.

Senada dengan itu, Ronny Waluya vokalis Kahitna seangkatan Heidi Yunus membenarkan bahwa menyanyi dalam grup vokal tidak sama dengan solo.

“Ada banyak tahapan jika seseorang belajar vokal. Tapi kalau dia ingin jadi bagian dari vokal grup, maka beda lagi tahapan yang harus dipelajari. Tidak bisa serta merta. Ada prosesnya,” ujar Ronny Waluya pada suarasurabaya.net.

Rieka Rooslan dan Ronny Waluya hadir menjadi juri dalam Festival Vokal Group Indomaret 2015, yang Sabtu (10/10/2015) digelar di auditorium RRI Surabaya.(tok/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs