Kamis, 25 April 2024

Jalanan Surabaya Tak Cocok Untuk Mobil Sport

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

I Komang Ferry Darma Safety Drive mengatakan, di Surabaya tidak ada jalan yang cocok untuk mengemudikan mobil sport termasuk juga di jalan tol.

“Kalaupun melajukan mobil sport di jalan tol, membutuhkan kondisi jalan yang sepi,” kata I Komang pada Radio Suara Surabaya, Selasa (1/12/2015).

Komang menjelaskan, mengemudikan mobil sport, butuh kecakapan dan pengamanan khusus meskipun banyak orang bisa mengemudikan mobil tersebut.

Pebalap sekalipun butuh waktu untuk belajar dan mengenali karakter mobil yang dikemudikannya. Apalagi untuk mobil dengan tenaga 700 hp lebih.

“Kalau mereka sendirian barangkali tidak masalah tapi untuk dipacu di jalan raya rasanya tidak nyaman. Soal keamanan, mobil sport pasti aman bagi pengemudinya tapi untuk orang lain risikonya lebih besar,” ujar dia.

Komang mencontohkan, di Ikatan Motor Indonesia (IMI) ada aturan kategori untuk mendapatkan SIM. Antara SIM A dan B ada kelas-kelasnya, meski sama-sama SIM A tapi belum tentu orang tersebut memiliki kecakapan yang sama.

“Naik kelasnya juga bertahap. Ibaratnya anak SD naik mengemudikan mobil kelas SMA,” katanya.

Komang menambahkan, tips aman mengemudikan mobil sport diantaranya kenali kendaraan dan infrastruktur serta kelas jalan. (dwi/fik)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs