Jumat, 3 Mei 2024

Jamaah Naqshabandiyah Padang Takbiran Idul Adha

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi

Puluhan anggota jamaah Tarekat Naqshabandiyah, di Padang, bertakbiran Idul Adha 1436 Hijriah di Surau Baitul Makmur, Pasar Baru, Kecamatan Pauh, Padang, Sumatera Barat pada Senin (21/9/2015) malam.

“Kami mulai takbiran malam ini sesudah Isya sampai selesai,” kata Mursyid Syafri Malin Mudo Ketua Tarekat Naqsabandiyah di Padang, Senin (21/9/2015) seperti dilansir Antara.

Puluhan jamaah tarekat Naqsabaniyah mulai mendatangi mushalla untuk takbiran.

Setelah Isya, jamaah tarekat Naqsabandiyah baik laki-laki maupun perempuan bersama-sama takbiran menyambut Idul Adha 2015 dipimpin Mursyid Safri Malin Mudo Sumbar Ketua Tarekat Naqsabandiyah Sumatera Barat.

Sebelumnya, jemaah Naqsabandiyah di Sumatera Barat menetapkan Hari Raya Idul Adha 1436 Hijriah pada Selasa 22 September 2015.

Penetapan Idul Adha ini dilakukan melalui metode hisab Munjid yang menghitung 100 hari setelah 1 Ramadhan yang sudah dilakukan turun temurun.

“Awal Ramadhan lalu, awal puasa jatuh pada hari Selasa, maka dipastikan Idul Adha juga jatuh pada Selasa sesuai perhitungan,” ujar Safri.

Ia mengatakan, shalat Idul Adha akan dilaksanakan Selasa pagi (22/9/2015) yang akan diikuti seluruh jemaah Naqsabandiyah yang berjumlah sekitar 5.000 tersebar di Kota Padang, Padang Pariaman, Solok Selatan, Pesisir Selatan, dan solok.

“Shalat Id akan dilaksanakan pada Selasa pagi, kemudian dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban,” katanya.

Di Kota Padang sendiri terdapat puluhan masjid dan mushala yang menjadi pusat peribadatan Jamaah Tarekat Naqsabandiyah yang tersebar di Kecamatan Pauh, Lubuk Kilangan, dan Lubuk Begalung. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
28o
Kurs