Sabtu, 25 Mei 2024

Jatim Bidik Pelanggar Lalu Lintas di Tol Dengan Drone dan Helicam

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi

Jawa Timur sebenarnya sudah menerapkan wacana polisi berkamera. Yakni dengan memasang kamera drone atau helicam di beberapa ruas jalan dan jalan tol.

Kombes Pol Verdianto Dirlantas Polda Jawa Timur pada Radio Suara Surabaya mengatakan, pemasangan kamera drone atau helicam sudah dilakukan beberapa kali di Gresik dan jalan tol.

“Pelanggar pertamanya ngeyel kalau dia tidak merasa melakukan pelanggaran. Tapi setelah kita tunjukkan buktinya melalui foto atau video baru pelanggar itu sadar dan meminta maaf,” kata dia.

Jenis pelanggaran yang tertangkap kamera, lanjut dia, seperti bus yang melaju secara ugal-ugalan atau sepeda motor yang melakukan pelanggaran lalu lintas.

“Memang pelanggar tidak sadar kalau perilakunya selama di jalan terpantau kamera. Tapi kita sampaikan ini secara humanis pada pelanggar dan tidak dihadapi dengan arogan karena sesuai dengan fakta,” ujar dia.

Kombes Pol Verdiyanto menambahkan, akan lebih bagus lagi jika penerapan polisi berkamera ini ada payung hukumnya.” Misalnya dilakukan revisi UU lalu lintas dan memasukkan soal polisi berkamera ini saya kira lebih bagus lagi,” tambah dia. (dwi/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Sabtu, 25 Mei 2024
27o
Kurs