Minggu, 5 Mei 2024

Jokowi Putuskan Tunda Pengangkatan Budi Gunawan Sebagai Kapolri

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Komjen Pol Budi Gunawan bersama pimpinan DPR RI setelah Rapat Paripurna, Kamis (15/1/2015). Foto: Faiz suarasurabaya.net

Joko Widodo (Jokowi) Presiden RI akhirnya menunda pengangkatan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri. Ini diumumkan presiden di Istana Merdeka, Jumat (16/1/2015) malam.

Penundaan diputuskan Presiden dengan mempertimbangkan proses hukum yang saat ini sedang dijalani Komjen Pol Budi Gunawan. Komjen Pol Budi Gunawan diminta fokus pada proses hukumnya.

“Sejak proses dari seleksi Kompolnas, saya ajukan surat ke DPR, kemudian persetujuan dari DPR, berhubung Komjen (Pol) Budi Gunawan sedang menjalani proses hukum, maka kami pandang perlu untuk menunda pengangkatan sebagai Kapolri,” kata Jokowi.

Dalam jumpa pers yang didampingi Jusuf Kalla Wakil Presiden, Tedjo Edhy Purdijatno Menko Polhukam, Jokowi menegaskan, Komjen Pol Budi Gunawan hanya ditunda pengangkatannya bukan pembatalan. “Jadi menunda bukan membatalkan. Ini yang perlu digaris bawahi,” tegas Jokowi.

Jokowi juga mengatakan telah menandantangani dua Keputusan Presiden (Keppres). Keppres pertama tentang pemberhentian dengan hormat Jenderal Pol Sutarman sebagai Kapolri. Sedangkan Keppres kedua tentang penugasan Komjen Badrodin Haiti Wakapolri sebagai Plt Kapolri untuk melaksanakan tugas dan wewenang serta tanggung jawab sebagai Kapolri. (ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
24o
Kurs