Minggu, 5 Mei 2024

Kemarau Panjang, Saatnya Masyarakat Peduli Sungai

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Aliran sungai dikawasan Tambak Wedi, Kenjeran, tercemar. Foto: Antara

Sungai sejatinya bukan sekedar tempat penampungan air hujan semata. Sungai punya peran lebih penting bagi kehidupan, sehingga di saat kemarau panjang terjadi sungai tetap memberikan manfaatnya.

“Masyarakat harus mulai dipahamkan bagaimana sebenarnya fungsi sungai bagi kehidupan. Ini penting dilakukan, apalagi kemarau panjang diprediksi bakal terjadi tahun ini,” kata Wawan Some pegiat lingkungan di Surabaya.

Menurut Wawan, sungai saat ini tak ubahnya hanya sebagai tempat penampungan air hujan. Sehingga kesadaran masyarakat untuk ikut menjaga sungai sangat minim.

Bahkan yang lebih ekstrem, kata Wawan, masyarakat perkotaan sebagian besar mengaggap sungai tidak lebih dari tempat pembuangan sampah domestik maupun sampah sehari-hari.

“Kalau pas musim hujan datang, kemudian banjir terjadi, masyarakat justru mengatakan bahwa sungai yang salah. Sungai tidak dikeruk. Belakangan nanti pemerintah yang disalahkan. Ini perlu dipahami sebagai bagian yang harus disadarkan ditengah masyarakat,” kata Wawan.

Masih belum terlambat mengingatkan masyarakat betapa kesadaran menjaga dan perduli dengan sungai itu menjadi bagian penting dari keberlangsungan kehidupan.

“Dan mengajak masyarakat untuk peduli dengan sungai melalui berbagai aktivitas, sekarang ini menjadi sangat dibutuhkan. Senyampang kemarau panjang belum menampakkan jati dirinya,” tegas Wawan Some yang juga pendiri Nol Sampah saat ditemui suarasurabaya.net, Senin (31/8/2015).(tok/iss/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
32o
Kurs