Senin, 29 April 2024

Lima Pantai Paling Unik nan Eksotik Pilihan Pendengar Suara Surabaya

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Pantai Klayar Foto: anekatempatwisata

Pantai Klayar menjadi unggulan para pendengar Radio Suara Surabaya dan netter E100. Keindahan Pantai Klayar dinilai paling unggul di antara pantai-pantai Jawa Timur.

Namun sayangnya, keindahan tersebut masih diiringi dengan keluhan terkait sulitnya akses ke lokasi pantai. Ari Adiyatma, seorang netter menulis, “Pantai Klayar memang bagus. Cuma akses jalannya perlu diperlebar. Susah kalau mobil berpapasan.”

Berikut lima besar pantai terindah di Jawa Timur versi para pendengar Radio Suara Surabaya dan netter E100 :

1. Pantai Klayar, Pacitan

Berada di desa Kalak, kecamatan Doonorojo, Kabupaten Pacitan. Jaraknya sekitar 40 km ke arah barat dari kota Pacitan. Pantai Klayar memiliki garis pantai berpasir putih dengan dihiasi deretan pohon kelapa, serta menjulangnya bukit-bukit di pinggir pantai yang bisa didaki oleh wistawan untuk melihat keindahan Pantai Klayar dari atas bukit.

Selain itu, Pantai Klayar memiliki fenomena unik yaitu ada sebuah celah di batu karang. Ketika ombak datang dengan cukup deras, sebagian airnya masuk ke bawah batu dan menyembur ke atas seolah sebuah air mancur raksasa yang bisa mencapai ketinggian hingga 10 meter. Air mancur ini juga disertai dengan suara mirip siulan sehingga sering disebut sebagai Seruling Laut. Satu lagi keunikannya, di deretan tebing karang di sisi timur inilah terdapat karang raksasa mirip Sphinx.

Supono, pendengar mengatakan, “Pantai Klayar bagus itu, lokasinya jauh tapi bagus bener.” Selain itu, Ponco Stefano, netter, menulis, “Kemarin habis dari Klayar Pacitan, memang indah sekali. Cuma akses jalan terlalu terjal.” Cahyo Harry Prasetiyo, netter, menulis, “Pantai Klayar Pacitan, keindahan tiada tara.”

2. Teluk Hijau, Banyuwangi

Teluk Hijau memiliki keunikan pasir putih yang halus dan mudah melekat di kulit. Teluk yang memiliki panorama air laut berwarna hijau dengan hamparan pasir putih dan air terjun setinggi 8 meter. Diujung barat dan timur juga terdapat batuan karang. Pantai ini berada dalam areal Taman Nasional Meru Betiri, Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi. Lokasinya berjarak sekitar 90 kilometer dari Kota Banyuwangi. Dinamai demikian dikarenakan air lautnya yang cenderung berwarna hijau.

Ridwan Santoso, Joe Anthon, Prahega Khatrisna dan beberapa netter lainnya memilih teluk ini sebagai destinasi wisata pantai terindah di Jawa Timur.

3. Pulau Merah, Banyuwangi

Terletak di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, pantai ini dikenal karena sebuah bukit hijau kecil bertanah merah yang terletak di dekat bibir pantai. Bukit ini dapat dikunjungi dengan berjalan kaki saat air laut surut. antai ini memiliki ciri khas lain yaitu adanya sebuah bukit setinggi 200 meter di hadapan pantai yang mirip seperti pantai di Brazil.

Para netter, di antaranya, Anandayu Maulidia, Johanes Dody Prasetya, Tata Vida, Diana Paramita dan Hendryanto Tri Augusta merekomendasikan pantai ini.

4. Banyu Anjlok, Pantai Lenggoksono, Malang

Tidak begitu jauh dari Pantai Lenggoksono, tepatnya di Teluk Kletekan terdapat sebuah air terjun yang berada di bibir pantai yang menjorok ke tengah laut. Air terjun Banyu Anjlok berasal dari sumber air yang berasal dari bukit, lalu mengaliri tebing batu karang setinggi tujuh meter. Air menggerojok tidak dalam satu titik, tetapi menyebar selebar batu karang sehingga terlihat begitu indah. Airnya jernih, bersih dan sangat dingin. Kita bisa berenang atau mandi di air terjun ini.

Untuk menuju air terjun yang oleh para nelayan disebut dengan Banyu Anjlok itu, wisatawan harus menempuh jalur laut. Kita bisa menyewa perahu jungkung nelayan untuk mengantarkan ke tempat itu. Perjalanan ke Banyu Anjlok membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Keindahan air terjun Banyu Anjlok di Teluk Kletekan ini mungkin tidak ada duanya.

Hendryanto Tri Augusta, netter, menulis, “Pantai Banyu Anjlok Dampit. Air terjun dari sumber mata air pegunungan yang langsung bertemu dengan pantai yang berada di Samudra Hindia. Recomended banget.” Sandra, netter E100 menulis, “Teluk Hijau, indahnya alam.”

5.Pantai Balekambang, Malang

Berada di Selatan Kota Malang berjarak sekitar 57 Km untu sampai di sana. Keindahan lain yang ada di sana, ada 3 pulau berjajar di hadapannya. P. Ismoyo, P. Anoman, dan P. Wisanggeni. Di P. Ismoyo terdapat Pura sebagai tempat ibadah umat Hindu.

Daya tarik utama Balekambang adalah panorama alam, gelombang ombak yang memanjang hampir dua kilometer, serta hamparan pasir nan luas. Area pasir putih terlihat bersih dari sampah maupun kotoran sehingga cukup nyaman bagi pengunjung untuk bermain dan berolahraga. Selain sebagai wisata alam , juga bisa disebut sebagai tempat wisata religi. Karena pada hari-hari tertentu, ribuan pengunjung datang ke pantai ini untuk melakukan ritual.

Kirana Firdaus, seorang netter, menulis, “Pantai Balekambang di Malang sangat bagus. Terdapat Pura tempat sembahyang di tengah laut.”(iss/fik)

(Foto: anekatempatwisata, qaholiday, zonafotografi, backpackerindonesia)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs