Selasa, 7 Mei 2024

Masyarakat Harus Diingatkan Kalau Diskresi itu Kondisional

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Beberapa sepeda motor berhenti di depan stop line persimpangan Adityawarman-Mayjend Sungkono, Surabaya, Rabu (11/3/2015). Foto: Neru Ilham via @e100ss

I Komang Ferry dari Darma Safety Drive mengatakan, kesadaran masyarakat memang masih sangat kurang, terutama terkait bahaya berhenti di depan stop line. Oleh karena itu, pihak kepolisian harus mengingatkan kembali dan membiasakan masyarakat agar tidak berhenti di depan stop line.

“Kebijakan diskresi oleh polisi itu kan sifatnya kondisional. Tapi masyarakat malah menganggap perilaku itu sebagai suatu hal yang lumrah sehingga perlu ada penindakan tegas,” kata Ferry kepada Radio Suara Surabaya, Rabu (11/3/2015).

Ferry sangat mengapresiasi penindakan tegas polisi terhadap pengendara kendaraan bermotor yang tidak berhenti di belakang stop line. Menurutnya, apapun jenis sanksinya, hal itu demi keamanan dan keselamatan seluruh pengguna jalan.

“Luar biasa kalau langsung ditilang. Nominal dendanya tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan risiko kecelakaan yang ditimbulkan. Nyawa manusia jauh lebih berharga,” katanya.

Terkait potensi penolakan penindakan tegas tersebut, Ferry menyarankan agar dilakukan sosialisasi terlebih dahulu sebelum diterapkan. (iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
25o
Kurs