Sabtu, 18 Mei 2024

May Day, Buruh Klaim Kerahkan 50 Ribu Massa ke Kantor Gubernur Jatim

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Ilustrasi. Foto : Dok suarasurabaya.net

Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Jawa Timur mengklaim akan mengerahkan 50 ribu massa duduki kantor Gubernur Jatim di Jl Pahlawan Surabaya. Aksi pendudukan kantor akan mereka gelar dalam rangka unjuk rasa memperingati Hari Buruh Sedunia atau May Day pada 1 Mei 2015 mendatang.

“Buruh akan berangkat dari daerah masing-masing ke Surabaya sejak pukul 10 pagi,” kata Jamaluddin, jurubicara FSPMI Jawa Timur ketika menggelar pertemuan pers persiapan May Day, Selasa (28/4/2015).

Menurut Jamal, buruh sebanyak ini merupakan gabungan FSPMI dari lima daerah Pasuruan, Mojokerto, Sidoarjo, Surabaya dan Gresik. “Karena peringatan May Day pas hari Jumat, maka buruh akan langsung menuju ke Masjid Al Akbar terlebih dahulu,” ujarnya.

Usai Sholat Jumat, para buruh ini selanjutnya akan langsung menuju ke Gedung DPRD Jawa Timur dan ke Kantor Gubernur Jatim Jl Pahlawan Surabaya.

Jamal mengatakan, pemerintah daerah sebenarnya berniat memecah konsentrasi buruh dengan menyediakan pesta musik dan tumpengan di daerah masing-masing. Namun Jamal memastikan buruh anggota FSPMI tidak akan ikut pesta di pendopo maupun balaikota, melainkan akan fokus ke Kantor Gubernur Jatim. (fik/ipg/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
33o
Kurs