Jumat, 26 April 2024

Operasi Katarak Gratis Warnai HUT 90 RKZ Surabaya

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Operasi Katarak dilakukan secara cuma-cuma di RKZ. Foto: Humas RKZ for suarasurabaya.net

Merayakan hari ulang tahun (HUT) ke 90 tahun, Rumah Sakit Katolik RKZ Surabaya menggelar operasi Katarak untuk masyarakat luas selama dua hari, mulai Sabtu (30/5/2015) hingga Minggu (31/5/2015) besok.

Lebih dari 200 orang penderita Katarak dengan berbagai tingkatan, dijadwalkan bakal mendapat operasi secara cuma-cuma untuk memulihkan kembali penglihatan mereka.

Gelar bakti sosial operasi Katarak kali ini diharapkan meringankan para penderita Katarak, sekaligus mengaplikasikan nilai-nilai dasar pelayanan RKZ yang berpihak pada kaum miskin.

“Mulai dari pendaftaran hingga pelaksanaan operasi memang tidak dipungut biaya. Ini merupakan bagian dari upaya meringankan penderitaan mereka yang menderita Katarak. Sekaligus mewujudkan upaya pelayanan yang berpihak pada kaum miskin,” ujar dr. Agung Humas Rumah Sakit Katolik RKZ, Sabtu (30/5/2015).

Mereka yang akan dioperasi, terlebih dahulu wajib ikut pemeriksaan pendahuluan (skrining). Diantaranya, tekanan darah, gula darah acak, ECG, visus, pemeriksaan mata dengan tonometri dan slitlamp, biometri, dan Automatic Refrakto Keratometer (ARK).

Setelah skrining, 88 pasien memenuhi syarat dioperasi. Operasi dilakukan di Unit Kamar Bedah RKZ Surabaya. Selain pada saat operasi, peserta juga akan difasilitasi untuk kontrol pada H+1 dan H+7 operasi di Instalasi Rawat Jalan RKZ Surabaya.

Bekerjasama dengan Profesional dan Usahawan Katolik (PUKAT), gelaran operasi Katarak yang digelar RS Katolik St Vincentius a Paulo (RKZ) Surabaya diharapkan dapat membantu masyarakat.(tok/fik)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
27o
Kurs