Rabu, 8 Mei 2024

Overload, Truk Muat Pupuk 24 Ton Terguling di Tol Satelit-Waru

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Muatan pupuk yang terguling di KM 13.100 Tol Satelit-Waru. Foto: M. Syaiful AK via e100

Truk bermuatan pupuk terguling dan muatannya berserakan di KM 13.100 Tol Satelit-Waru, Jumat (31/7/2015) diduga akibat muatan overload.

Aiptu Sholeh Anggota PJR Tol Jatim 2 mengatakan, menurut pengakuan sopir truk nopol L 8401 UF ini, muatan berlebih ini merupakan instruksi dari pemilik truk dan perusahaan.

Sopir truk atas nama M. Khoirul Baha Udin (44) warga Grati Pasuruan dan baru bekerja sebagai sopir truk pupuk ini sekitar 7 bulan.

“Kronologinya kendaraan keluar dari pabrik Ponshka Gresik menuju Tulungagung. Saat di KM 13.100 bopel putus, gandengannya terpelanting dan terguling hingga body dan cashisnya lepas. Selain gandengan truk terlepas, semua ban truk juga terlepas jadi tinggal baknya saja yang isinya pupuk. Kecepatan truk saat itu sekitar 50 km/jam,” ungkap dia.

Kondisi truk, lanjut dia, sebenarnya umurnya tidak terlalu tua, keluaran tahun 1995. Tapi memang perawatan truk yang kurang sehingga tidak layak jalan. Apalagi ditambah dengan muatan yang overload sampai 24 ton.

“Untuk lalu lintasnya sudah terbuka dua arah setelah tadi sempat tertutup karena muatan pupuk tercecer di jalan. Tapi lalu lintasnya masih padat merambat untuk kendaraan dari Satelit ke Waru,” tambah dia. (dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
29o
Kurs