Sabtu, 25 Mei 2024

PGN Beri Penghargaan 30 Karya Terbaik Bagi Jurnalis

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Para pemenang kompetisi Jurnalistik PGN kategori feature online. Foto : Panitia KJ PGN

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. (PGN) menggelar Malam Anugerah Kompetisi Jurnalistik PGN (KJ PGN) 2015 pada Selasa malam (15/12/2015). Sebanyak 30 karya terbaik dari para jurnalis dari berbagai media di seluruh Indonesia terpilih sebagai pemenang menyisihkan lebih dari 2.900 karya yang dikirimkan untuk mengikuti kompetisi kali ini.

Untuk tahun ini, KJ PGN melombakan tiga kategori yaitu Hardnews Cetak, Feature Cetak, Hardnews Online, Feature Online, dan Berita Foto.

Irwan Andri Atmanto, Kepala Divisi Komunikasi Korporat PGN, mengatakan Kompetisi Jurnalistik PGN merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh PGN untuk ikut mendorong peningkatan kemampuan dan kualitas produk-produk jurnalistik di Indonesia, khususnya mengenai gas bumi.

Kegiatan yang sudah memasuki tahun kedua ini juga menjadi bentuk apresiasi PGN terhadap peran aktif para jurnalis untuk terlibat langsung dalam program konversi energi dari bahan bakar minyak (BBM) ke gas bumi yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

“Media massa memiliki posisi strategis dalam mendorong program konversi energi ke gas bumi. Karena itu, PGN menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi terhadap partisipasi aktif para jurnalis untuk memberikan edukasi mengenai gas bumi secara konsisten kepada masyarakat,” kata Irwan pada Malam Anugerah Jurnalistik PGN 2015 yang berlangsung di Auditorium Graha PGAS, Kantor Pusat PGN, Jakarta.

KJ PGN 2015 mengangkat tema Pemanfaatan Gas Bumi bagi Ketahanan Energi Nasional. Tema tersebut diangkat sebagai upaya perseroan untuk mendorong pemanfaatan gas bumi ke berbagai segmen pasar mulai rumah tangga, UMKM, komersial, transportasi, industri dan kelistrikan. Peningkatan pemanfaatan gas bumi merupakan salah satu kunci bagi upaya pemerintah untuk memperkuat ketahanan energi nasional dan mengurangi ketergantungan terhadap impor BBM.

Kegiatan KJ PGN 2015 telah berlangsung sejak Januari 2015 hingga awal November 2015. Dalam Kompetisi Jurnalistik PGN tahun ini terdapat 2.900 artikel dan 170 foto jurnalistik yang dinilai.

Irwan menambahkan, setelah melalui beberapa tahapan antara lain verifikasi administrasi dan penyesuaian artikel dengan tema yang dilombakan, panitia KJ PGN 2015 menetapkan 30 karya jurnalistik terbaik 2015. Untuk menentukan karya terbaik, KJ PGN melibatkan para jurnalis senior sebagai dewan juri yaitu Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia, Arif Budisusilo; Direktur Pemberitaan Media Indonesia Abdul Kohar; Redaktur Foto Kontan, Hendra Suhara; dan Redaktur Foto Kompas Agus Susanto.

Sementara itu, untuk kompetisi kali ini, Fatkhurohman Taufik jurnalis Suara Surabaya berkesempatan untuk meraih Juara Harapan 1 untuk kategori feature onlie, dengan karya tulis berjudul “Energi Baik dari Kampung Lontong”. Dengan raihan ini, Taufik berhak atas sertifikat, piala dan sejumlah uang tunai. (fik/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Sabtu, 25 Mei 2024
31o
Kurs