Senin, 17 Juni 2024

Pakde Karwo Kabulkan Seluruh Tuntutan Buruh

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Soekarwo ketika berorasi di hadapan ribuan buruh di Jl. Pahlawan Surabaya. Foto : Taufik suarasurabaya.net

Soekarwo Gubernur Jawa Timur penuhi seluruh tuntutan yang disampaikan ribuan buruh dalam aksi peringati Hari Buruh se Dunia, May Day di Kantor Gubernur Jawa Timur, Jumat (1/5/2015).

“Dari 17 tuntutan, saya penuhi semua, satu tuntutan yang lokal Jawa Timur langsung akan kita jalankan,” kata Soekarwo, Gubernur Jawa Timur ketika berorasi di hadapan ribuan buruh.

Satu tuntutan lokal yang dimaksud Pakde Karwo, julukan Soekarwo adalah desakan untuk menyusun peraturan daerah tentang perlindungan tenaga kerja.

Perda ini, kata Pakde Karwo, memang sangat diperlukan karena selama ini, banyak aturan yang memayungi buruh namun minim sanksi yang tegas sehingga seringkali merugikan buruh.

Sedangkan 16 tuntutan lainnya, diantaranya adalah pembubaran Pengadilan Hubungan Industrial (PHI), penolakan kenaikan BBM yang diserahkan pada mekanisme pasar, penolakan rencana Pemerintah Pusat yang akan menaikkan UMK tiap lima tahun sekali, serta penghapusan sistem kerja outsourching, semuanya akan diserahkan ke Pemerintah Pusat.

“Kami akan membantu mengundang para pakar untuk merumuskan naskah akademik tuntutan bagi buruh. Tuntutan mereka selanjutnya akan kami kawal untuk diserahkan pada DPR RI,” ujarnya.

Soekarwo hanya berharap, dengan dikabulkannya tuntutan ini, buruh bisa membubarkan diri dengan tertib. “Silakan kembali ke rumah masing-masing dengan tertib agar semua bisa selamat dan aman,” kata dia. (fik/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
29o
Kurs