Kamis, 18 April 2024

Pegawai Kemenhub Meninggal Saat Pelatihan Bintalsik Bela Negara

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Peti jenazah Dyah yang dibawa anggota marinir. Foto: Bruriy suarasurabaya.net

Seorang pegawai Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Dyah Umiyarti Purnamaningrum, eselon tiga dikabarkan meninggal dunia di Pusat Latihan Pertempuran (PLP) Kormar III, Grati Pasuruan, Jawa Timur, Selasa (17/11/2015).

Informasi dihimpun suarasurabaya.net, dia di PLP sebagai peserta yang sedang mengikuti pelatihan pembinaan mental dan fisik (Bintalsik) Kemenhub, yang dilatih oleh korps Marinir, sejak Minggu (15/11/2015).

Kegiatan tersebut, menyerupai Pelatihan Bela Negara, karena tujuannya untuk meningkatkan wawasan kebangsaan, semangat bela negara dan cinta tanah air. Pelatihan tersebut bentuknya seperti kesamaptaan, menyerupai pelatihan baris berbaris (PBB) di lingkungan Kementerian Perhubungan. Namun, pelaksanaannya di Grati, Pasuruan.

Sebelum meninggal, Dyah sekitar pukul 07.00 wib sedang melaksanaan apel pagi. Kemudian, mengikuti kegiatan PBB. Tapi, tidak waktu yang lama, keluar dari barisan untuk berteduh dibawah pohon, karena merasa pusing.

Setelah itu mendapatkan perawatan medis yang ditangani oleh anggota PLP, kemudian dibawa ke Puskesmas Grati, menggunakan mobil ambulance. Sesampainya di Puskesmas, ditangani oleh salah seorang dokter di UGD.

Namun, dokter yang menangani memberitahukan kalau Dyah meninggal dunia. Kemudian, dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jatim, di Surabaya untuk dilakukan visum.

Kolonel Imam Sopingi Dankolatmar Kormar III, Grati Pasuruan, saat dikonfirmasi wartawan membenarkan kejadian tersebut. Namun, enggan memberikan keterangan secara detail.

“Ini kegiatan rutin tahunan, saat itu sedang ikut PBB. Tapi, untuk detailnya, silakan tanya ke pak Setyo (petugas Kemenhub, red),” kata Kolonel Imam Sopingi Dankolatmar PLP Kormar III, Grati Pasuruan.

Namun, Setyo dari Kemenhub saat dikonfirmasi selalu menghindar, dan terkesan menutupi kematian Dyah.

“Yang jelas jenazah sekarang dibawa ke rumah duka, kami mohon maaf teman-teman media, kami tidak bisa memberikan keterangan. Mohon pahami, kami dalam kondisi sedang berduka,” kata Sri Sukaesih, salah seorang pegawai Kemenhub di kamar jenazah Rumah Sakit Bhayangkara, Polda Jatim.

Sementara itu jenazah Dyah Umiyarti Purnamaningrum dari Rumah Sakit Bhayangkara tersebut rencananya akan dibawa ke rumah duka di Kendal, Jawa Tengah.(bry/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
32o
Kurs