Minggu, 14 Agustus 2022

Pelaku Spesialis Pembobol Rumah Kosong AKDP Ditembak

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Salah seorang pelaku yang membantu temannya yang ditembak kakinya oleh anggota Reskrim Polrestabes Surabaya. Foto : Bruriy suarasurabaya.net.

Pelaku spesialis pembobol rumah kosong antar kota dalam provinsi (AKDP) wilayah Jawa Timur, berhasil ditangkap anggota Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya. Mereka adalah Sukardi (43) dan Rizky Saifullah (23) warga Surabaya, Reyvan Prasetiyo Moko Ago (30) warga Sidoarjo, dan Yuko Pradesa (25) asli Jombang.

AKBP Takdir Mattanete Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya mengatakan, para tersangka ini merupakan DPO dalam kasus pembobolan sedikitnya lima lokasi di wilayah Jawa Timur, yaitu Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Lamongan dan Madiun. Namun, aksi yang terakhir di Madiun, berhasil diketahui oleh anggota Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya.

“Keempat tersangka ini kita tangkap saat baru keluar dari salah satu penginapan di Madiun. Saat ditangkap, tiga berusaha melarikan diri dengan melawan petugas, sehingga diambil tindakan tegas menembak kakinya,” kata AKBP Takdir Mattanete Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, Senin (31/8/2015).

Tiga pelaku yang ditembak adalah Sukardi, Reyvan Prasetiyo Moko Ago, dan Yuko Pradesa. Sedangkan Rizky tidak, karena saat ditangkap menyerah dan tidak melakukan perlawanan.

Anggota Resmob Satreskrim Polrestabes melakukan penangkapan terhadap keempat tersangka di Madiun berdasarkan banyak laporan di kantor polisi, jajaran Polda Jatim. Untuk di Surabaya sendiri, selalu gagal, tapi berhasil teridentifikasi terekam CCTV.

Setiap melakukan aksi membobol rumah kosong, keempat tersangka selalu mengajak PE, ED dan SN yang kini dalam DPO.

“Modus yang dilakukan tersangka itu dengan menyamar sebagai sales. Jika terlihat kosong, tersangka kemudian merusak gembok, pintu rumah setelah baru mengambil brankas yang menyimpan barang berharga,” ujar dia.

Secara terpisah AKP Agung Pribadi Kanit Resmob mengungkapkan, dalam catatan kepolisian, tersangka ternyata sudah keluar masuk tahanan.

“Tersangka Rizky ini pernah ditangkap anggota Reskrim Polres Sidoarjo dalam kasus yang sama. Sedangkan tiga tersangka lainnya itu juga residivis Polwiltabes (Polrestabes, red) Surabaya,” kata AKP Agung Pribadi Kanit Resmob.

Sementara saat ditangkap di Madiun, polisi 1 unit mobil Toyota Avanza L 1630 KD, dua linggis, empat kunci L, plat nomor palsu, satu unit TV LCD 32 Inc, dan dua paket sabu-sabu beserta perlengkapannya serta satu amplop berisi daun ganja. Kini semuanya dijadikan barang bukti polisi. (bry/ipg)

Teks Foto:
– Empat tersangka pelaku spesialis pembobol rumah kosong yang berhasil ditangkap anggota Reskrim Polrestabes Surabaya.
Foto : Bruriy suarasurabaya.net.

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langir Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Minggu, 14 Agustus 2022
26o
Kurs