Kamis, 2 Mei 2024

Penyelundupan Ribuan Benih Lobster Digagalkan Polisi

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Kombes. Pol Raden Prabowo Argo Yuwono Kabid Humas Polda Jatim menunjukkan barang bukti benih lobster. Foto : Bruriy suarasurabaya.net.

Penyelundupan sebanyak 6.181 ekor benur (benih lobster) berhasil digagalkan Ditpolair Polda Jatim. Polisi juga mengamankan dua tersangka, yakni AS dan ES, warga Tulungagung.

Kombes. Pol Raden Prabowo Argo Yuwono Kabid Humas Polda Jatim mengatakan, terungkapnya ekor benur tersebut berawal dari informasi masyarakat. Kalau Rabu (7/10/2015) malam ada pengiriman ekor benur dari Tulungagung menuju Banyuwangi dengan menggunakan jalur laut dan darat.

Saat dilakukan penyelidikan, ternyata sebanyak 6.181 ekor benur sudah keluar dari jalur laut. Tapi, petugas berhasil mengetahui mobilnya dan langsung dilakukan penangkapan.

“Di Jalan Raya Bandung, Tulungagung mobil yang dibawa oleh tersangka dihentikan anggota Polair. Saat dilakukan pemeriksaan ditemukan 6.181 benih lobster yang dikemas dalam plastik berisikan air dan oksigen,” kata Kombes. Pol Raden Prabowo Argo Yuwono Kabid Humas Polda Jatim, Selasa (13/10/2015).

Secara terpisah Kompol Fauzan Kanit Penindakan Ditpolair menjelaskan, modus yang dilakukan tersangka itu dengan membeli benur dari pengepul dan nelayan sekitar pesisir laut wilayah Tulungagung dan Trenggalek. Yang hingga terkumpul sebanyak 6.181 benih lobster, kemudian dikemas dalam plastik bening berisikan air dan oksigen.

Setelah itu, kata Fauzan, baru dilakukan pengiriman ke Kabupaten Banyuwangi dan Bali. “Tersangka beli beni lobster per ekornya seharga Rp 21.500. Jika dikalikan 6.181 benih lobster, maka bisa sekitar Rp 132 juta,” kata Kompol Fauzan.

Dari 6.181 benih lobster, kini tinggal 4 ribu ekor benur, sisanya 1.800 sudah mati.

Menurut Fauzan, penangkapan terhadap kedua tersangka karena benih lobster yang berukuran 1 centimeter itu dilarang untuk dikonsumsi dan dikirim. Karena itu berdasarkan Undang-undang No 31 tahun 2004 tentang perikanan. “Ancaman hukumannya bisa delapan tahun,” ujar dia.

Sementara, guna penyelidikan dan penyidikan sebanyak 6.181 ekor benur dan satu unit mobil Toyota Rus nopol B 1082 BWK, uang tunai hasil penjualan Rp 2 juta, handphone dan satu bendel nota jual beli diamankan untuk jadi barang bukti.

Sekadar diketahui, Susi Pudjiastuti Menteri Kelautan dan Perikanan mengeluarkan Peraturan Menteri KP Nomor 1 Tahun 2015 terkait pelarangan penangkapan lobster, kepiting, dan rajungan bertelur dan larangan diekspor bibit ketiga jenis hewan laut tersebut. Kebijakan tersebut berlaku sejak 6 Januari 2015. (bry/ipg)

Teks Foto:
1. Ribuan ekor benur (benih lobster) yang gagal diselundupkan.
2. Dua tersangka penyelundupan benih lobster.
Foto: Bruriy suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
29o
Kurs