Selasa, 7 Mei 2024

Peran Sosok Ayah Bisa Mendorong Kemandirian Anak

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Rini Hildayani Psikolog UI (kanan), Oka Antara aktor dan Nur Shilla Christianto Head of Corporate Communication Nestlé Indonesia. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Rini Hildayani Psikolog dari Universitas Indonesia mengatakan, peran serta sosok ayah dalam mengasuh anak dapat meningkatkan kemampuan kognitif, IQ dan kemandirian anak dalam memecahkan masalah.

“Anak yang ikut diasuh ayahnya sejak bayi, bisa memiliki kemampuan kognitif lebih baik di usia enam bulan sampai setahun. IQ juga menjadi lebih tinggi ketika usia tiga tahun dan anak lebih mandiri nantinya,” ujarnya usai talk show Happy Date with Legendaddy di Surabaya, Sabtu (24/10/2015).

Rini menyayangkan, saat ini masih banyak ibu yang belum bisa mempercayakan pengasuhan anak kepada sang ayah, sehingga ayah tidak terpacu untuk terlibat lebih jauh dalam perkembangan anak.

“Padahal, ayah bisa menjadi figur yang mampu menorong perkembangan mental anak,” katanya.

Oka Antara seorang aktor yang juga disebut legendaddy bagi tiga anaknya mengatakan, kualitas pertemuan dengan ketiga anaknya merupakan hal yang terpenting.

“Terkadang saya harus membawa mereka ke lokasi syuting agar bisa bersama di saat istirahat kerja,” katanya.

Menurut Oka, kepercayaan dari pasangan juga menentukan kualitas sebagai seorang ayah. “Istri memberi banyak kepercayaan untuk saya ikut mengurus anak-anak,” katanya.

Talk Show Menjadi Ayah Hebat bagi si Kecil ini digelar Nestle Lactogen 3 Activgro di Surabaya bertujuan untuk menginspirasi para orang tua terutama peran ayah dalam mengawal pertumbuhan anak.(bid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
27o
Kurs