Senin, 29 April 2024

Peremajaan Alutsista Demi Menjaga Wilayah NKRI

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Aks Kolone Senapan pada Hari Armada 2015. Foto: Totok suarasurabaya.net

Luas wilayah Indonesia sebagai negara yang sebagaian besar wilayahnya adalah laut, merupakan anugerah Tuhan yang patut disyukuri. Dan untuk itu menjaga kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dibutuhkan peremajaan alutsista.

“Luas wilayah negeri ini mengharuskan setiap masyarakat ikut serta menjaganya. Dan keberadaan alutsista yang modern memberikan kepastian untuk ikut menjaga kedaulatan wilayah NKRI. Ini penting dilakukan,” ujar Laksamana TNI Ade Supandi, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL).

Lebih jauh Ade menegaskan bahwa kebutuhan peremajaan atau pembaharuan alat utama sitem pertahanan (alutsista) bukan semata-mata hanya untuk kepentingan tentara. “Tapi justru itu akan membantu menjaga kedaulatan wilayah NKRI sendiri,” kata Ade.

Meskipun saat ini alutsista negeri ini beberapa diantaranya sudah tergolong uzur, lanjut Ade, tetapi prajurit-prajurit TNI AL tetap memberikan perhatian khusus dalam upaya untuk menjaga NKRI.

Oleh karena itu, peremajaan atau pembaharuan alutsista menjadi kebutuhan agar segenap prajurit TNI AL bisa mewujudkan keinginan serta cita-citanya sebagai prajurit profesional, sekaligus Angkatan Laut berkelas dunia.

Laksamana TNI Ade Supandi KSAL, Senin (7/12/2015) bertindak selaku inspektur upacara pada peringatan Hari Armada yang dipusatkan di lapangan Dermaga Ujung, Surabaya.

Selain digelar upacara, pada kesempatan itu ditampilkan defile oleh prajurit TNI AL serta defile kendaraan tempur (ranpur) serta pemberian hadiah kepada sjeumlah pemenang berbagai lomba yang digelar dalam rangka peringatan Hari Armada 2015.(tok/rst)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs