Sabtu, 4 Mei 2024

Petugas Pendamping Siswa Tunanetra Untuk Mempercepat Pembacaan Soal

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Kartu peserta UN SMPLB A YPAB Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Meski petugas pendamping berada di sebelah peserta ujian nasional khusus untuk siswa tunanetra, tetapi tidak boleh membantu siswa menjawab soal ujian. Petugas pendamping hanya bertugas mempercepat atau memperlancar pembacaan naskah soal ujian nasional.

“Petugas pendamping siswa-siswi tunanetra adalah petugas khusus yang memang juga tunanetra. Mereka tidak boleh membantu siswa memngerjakan soal atau memberikan jawaban. Hanya membantu membaca soal ujian,” terang Drs. Eko Purwito Kepala SMP LB A YPAB Surabaya.

Senin (4/5/2015) dalam pelaksanaan ujian nasional (UN) SMP di SMP LB A YPAB Surabaya ada 6 petugas pendamping yang menempati kursi disebelah siswa.

Mereka bertugas sejak jam pelaksanaan ujian dimulai hingga siswa rampung mengerjakan seluruh soal ujian. “Fungsinya memang membantu memperlancar dan membaca soal ujian. Tidak lebih,” tegas Eko.

Sekadar diketahui, meskipun setiap hari siswa-siswi tunanetra melakukan kegiatan belajar menggunakan huruf Braille tetapi tidak seluruhnya memiliki kecepatan yang sama dalam membaca.

Oleh karena itu, dibutuhkan petugas pendamping yang tugasnya memang hanya membacakan naskah. “Lebih tepatnya membantu membacakan soal ujian. Itu saja,” tambah Eko.(tok/rst)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
31o
Kurs