Jumat, 3 Mei 2024

Polantas Ajak Anak-anak Jadi Pelopor Tertib Lalu Lintas

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Puluhan anggota Polisi lalu lintas (Polantas) Polsek Mulyorejo mendatangi SD Luqman al Hakim Hidayatullah Surabaya. Bukan untuk menangkap anak-anak karena tidak punya SIM, tapi mereka hadir untuk mengajak anak-anak menjadi pelopor keselamatan tertib lalu lintas.

Membawa berbagai alat peraga lalu lintas, diantaranya rambu-rambu berkendara di jalan, para anggota Polisi lalu lintas ini menjelaskan arti masing-masing rambu yang ada di jalan-jalan.

Dengan mengenali arti dan makna dari rambu-rambu lalu lintas tersebut diharapkan anak-anak sejak dini sudah memahami bagaimana menjaga keselamatan diri sendiri maupun keselamatan orang lain di jalan.

AKP Enny Prihati Rustam Kanit Lantas Polsek Mulyorejo kepada siswa-siswa SD menjelaskan betapa pentingnya tertib di jalan raya karena hal itu akan mempengaruhi kelancaran serta keselamatan berlalu lintas di jalan.

“Kalau anak-anak sejak kecil sudah mengenal rambu-rambu lalu lintas dan selalu tertib di jalan, hal itu akan memberikan dampak bagi kelancaran di jalan. Oleh karena itu, anak-anak memang harus mengenal ketertiban berlalulintas sejak dini,” papar Enny Prihati Rustam.

Pada kesempatan itu juga, Enny mengingatkan anak-anak agar nanti tidak mengendarai kendaraan seperti sepeda motor atau mobil jika belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). “Karena SIM wajib dimiliki pengendara kendaraan,” tegas Enny Prihati Rustam.

Sementara itu, disampaikan Kholifah ketua kegiatan di SD Luqman al Hakim Hidayatullah Surabaya, kegiatan dimaksudkan untuk memberikan pemahaman sejak dini kepada siswa mengenal tertib berlalulintas agar dapat dijadikan bekal nanti ketika dewasa.

“Harapan kami demikian. Dengan memperkenalkan kepada anak-anak tentang pentingnya tertib berlalu lintas maka diharapkan kesadaran menjaga keselamatan berlalulintas juga dipahami anak-anak,” pungkas Kholifah.(tok/dwi)

Teks Foto :
– AKP Enny Prihati Rustam Kanit Lantas Polsek Mulyorejo dihadapan anak-anak.
Foto: Totok suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
29o
Kurs