Rabu, 24 April 2024

Polisi Tetap Proses Pembakar Hutan yang Masih di Bawah Umur

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Seorang tersangka kasus pembakar lahan dan hutan konservasi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang tertangkap bersama delapan pelaku lainnya, yang berstatus di bawah umur berkas perkaranya tetap dilanjutkan. Namun pelaku tersebut tidak ditahan di sel Mapolda Jambi.

“AS (16) tersangka pembuka lahan dengan cara membakar yang masih di bawah umur tetap diproses, hanya saja dia tidak ditahan seperti delapan rekannya yang membuka lahan di hutan konservasi di Berbak, Kabupaten Tanjab Barat,” kata Kompol Wirmanto Kasubbid Penmas Bidang Humas Polda Jambi, Selasa (8/9/2015) seperti dilansir Antara.

Hingga kini, perkaranya masih diproses oleh penyidik Subdit IV Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jambi.

Sementara itu delapan orang rekannya yakni Ridwan alias Iwan (42), Rahmat alias Amat (42), Rahman alias Remang (36), Jamaludin alias Udin (35), Firmansyah alias Firman (33), Awal Harahap alias Bulek (30), Eka Riadi alias Bedul (20) dan Jumri alias Ijum (40) masih ditahan di Rutan Mapolda Jambi.

Untuk diketahui, para tersangka diamankan anggota Polda Jambi saat membuka lahan di hutan konservasi Berbak, Kabupaten Tanjab Barat. Selain dengan menebang pohon, para tersangka juga melakukan pembukaan lahan baru dengan cara membakar.

Selain sembilan orang pelaku, juga diamankan sejumlah barang bukti, seperti satu unit mobil Toyota Kijang LGK, lima unit motor, satu unit gergaji mesin dan satu jerigen berisikan minyak sebanyak 35 liter.

Atas perbuatannya, para pelaku termasuk AS dijerat dengan pasal 82 ayat (1) huruf C Undang-Undang RI Nomor 18 tahun 2019 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan dengan ancaman hukumannya yakni kurungan minimal satu tahun dan maksimal lima tahun penjara.

Serta dikenakan denda minimal Rp500 juta dan maksimal Rp2,5 miliar dan pasal 78 ayat (3) dan (4) Undang-undang RI Nomor 41 Tahun 99 tentang Kehutanan dengan ancaman hukuman pidana penjara selama 15 tahun. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs