Senin, 6 Mei 2024

Posko Crisis Center AirAsia di Polda Jatim Ditutup

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan
Seorang anggota keluarga korban pesawat AirAsia QZ8501 melihat beberapa foto kenangan korban semasa hidup yang berada di papan di Posko Crisis Center Polda Jatim.
Foto: Dok. suarasurabaya.net

Posko Crisis Center AirAsia QZ 8501 yang berada di Polda Jawa Timur secara resmi ditutup bersamaan dengan berakhirnya operasi pencarian korban oleh Badan SAR Nasional (Basarnas).

Ini disampaikan Kombes Pol Budiyono Ketua Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polda Jatim, Jumat (6/3/2015) di Polda Jatim.

“Penutupannya, bersamaan dengan operasi harian Basarnas,” kata Kombes Pol Budiyono kepada wartawan, Jumat (5/3/2015).

Dia menambahkan, ketika berakhirnya operasi harian Basarnas, dimungkinkan tidak ada keluarga yang mengunjungi posko karena tidak ada kedatangan jenazah yang dikirim oleh Basarnas kepada tim DVI Polda Jawa Timur.

“Buat apa ada posko crisis center lagi, sudah tidak ada pengiriman jenazah lagi kok,” kata dia.

Sedangkan untuk keluarga korban AirAsia yang ingin menunggu jenazah kerabatnya yang belum teridentifikasi, kata Budi, bisa langsung ke Rumah Sakit Bhayangkara.

“Tapi kami usahakan, semoga minggu depan semua jenazah sudah teridentifikasi,” ujarnya.

Budiyono menambahkan, total jenazah yang sudah diterima oleh Tim DVI Polda Jawa Timur sebanyak 111 yang terdiri tubuh utuh dan potongan tubuh, serta non-human. Sedangkan jenazah yang sudah berhasil teridentifikasi, baik tubuh utuh maupun bagian tubuh, sebanyak 100 jenazah.

“Ada 100 jenazah, 96 merupakan korban dengan kondisi utuh, dan tiga berupa potongan tubuh korban, serta satu non human,” kata dia.

Sisanya, ada empat jenazah di Rumah Sakit Bhayangkara, berupa tiga jenazah utuh dan satu potongan tubuh. Sementara tujuh tulang yang baru ditemukan Basarnas, masih dianalisa di Mabes Polri. (wak/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
25o
Kurs