Jumat, 19 April 2024

Ribuan Umat Buddha Padati Vihara Ekayana Arama Peringati Waisak

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Peringatan Hari Raya Waisak di Vihara Ekayana Arama. Foto : Jose Asmanu suarasurabaya.net

Ribuan umat Buddha memadati Vihara Ekayana Arama yang berada di wilayah Jakarta Barat. Vihara ini merupakan satu dari puluhan Vihara yang ada di Jakarta.

Vihara Ekayana Arama pada peringatan Hari Raya Waisak 2.559 ini mengadakan sejumlah kegiatan yang dimulai pada 2 Mei 2015 dan akan berakhir pada 7 Juni 2015.

Kegiatan yang diadakan mencakup kegiatan pelatihan diri, penjabaran ajaran Buddha serta upacara keagamaan, bakti sosial dan sebagainya.

Sementara puncak Waisak akan diadakan pada Selasa (2/6/2015) meliputi Pindapata, Puja Bakti Waisak serta upacara Wisudhi dan meditasi detik-detik Waisak.

Seperti diketahui, Hari Waisak adalah hari besar agama Buddha yang memperingati tiga peristiwa sekaligus dalam kehidupan Buddha Gautama pendiri agama Buddha yang dikenal dengan Tri Suci Waisak. Peristiwa kelahiran pangeran Sidartha Gautama di Taman Lumbini yang sekarang dikenal dengan nama Bumi Mindai Nepal.

Peristiwa ini terjadi saat bulan Purnama di bulan Waisak tahun 6.623 sebelum Masehi. Pangeran Sidharta Gautama pada usia 29 tahun meninggalkan istana untuk mencari jalan pembebasan dari penderitaan dan menjadi petapa di Gautama. Sedangkan yang kedua peristiwa petapa Gautama mencapai pencerahan sempurna dan menjadi Buddha Gautama pada usia 50 tahun. Yang ketiga peristiwa Buddha Gautama wafat. (jos/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
32o
Kurs