Selasa, 7 Mei 2024

Risma Kumpulkan Kepala Sekolah SD Hingga SMA Soal Pungli

Laporan oleh Triono
Bagikan

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya mengumpulkan Kepala SD,SMP,SMA seluruh Kota Surabaya, soal kasus Wakil Kepala Sekolah SMAN 15 yang tertangkap tangan terkait dugaan pungutan liar (pungli) dalam proses mutasi sekolah.

“Guru-guru silakan fokus untuk mengajar. Tidak perlu ngurusi yang lain serta jangan mencoba melakukan hal-hal yang di luar aturan,” tegas Risma di hadapan kepala sekolah (Kasek) dan wakil kepala sekolah (Wakasek) SD, SMP dan SMA di Graha Sawunggaling, Pemkot Surabaya, Senin (5/1/2015).

Selain Kasek dan Wakasek dari SD hingga SMA, para pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan juga ikut dikumpulkan. Di hadapan para pengajar, Risma memberi peringatan keras agar tidak melakukan hal-hal yang di luar aturan.

“Saya hanya mengingatkan Anda semua. Untuk apa kita ini menjadi guru?,” tuturnya.

Dia yakin, para Kasek dan Wakasek sudah mengetahui kasus dugaan pungli yang menghiasi media massa dalam beberapa hari ini.

“Saya yakin, sebenarnya guru-guru ini sudah mengerti beritanya dan sekarang sedang diproses,” katanya.

Antara melansir, kata Sigit Sugihartoyo Kepala Inspektorat Pemkot Surabaya, pihaknya telah memeriksa tiga orang sebagai saksi. Mereka adalah Kasek, Wakasek dan Kabid Dikmen Dinas Pendidikan Surabaya.

“Hari ini, Senin (5/1/2015) kita sudah periksa ketiganya. Kemungkinan besok sudah ada hasilnya. Semuanya akan kami laporkan kepada atasannya serta wali kota,” jelas Sigit.

Dia menegaskan, setiap kesalahan yang dilakukan ada sanksi bagi PNS sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

“Jadi Wakasek SMA 15 sekarang ini statusnya sudah menjadi guru biasa lagi. Karena sudah dicopot dari Wakasek,” ujar Sigit.

Sigit mengakui, kasus yang melibatkan kepala sekolah dan wakil kepala sekolah ini merupakan yang pertama kali ditangani oleh Inspektorat Kota Surabaya.

“Sampai dengan siang ini, pemeriksaan masih berlanjut. Bila hasil pemeriksaan mengindikasikan telah terjadi pelanggaran, kita akan bentuk tim dari Dispendik dan BKD,” kata Sigit.(ant/ono/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
28o
Kurs